Logo

Theofilus Allorerung Sosialisasikan Program Kampung Iklim

TANA TORAJA -- Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung S.E didampingi Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) mengadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja, Rabu (6/3/24).

Dalam sambutannya, Bupati Tana Toraja menyampaikan bahwa perubahan iklim saat ini, kita diingatkan untuk bergerak mengelola dan memanfaatkan tanah lingkungan kita secara bertanggung jawab dengan berbagai pilihan tanaman yang bersesuaian.

Pada kesempatan yang sama, Analisis Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi Selatan, Yosepi Kendek Allo mengatakan bahwa dalam komitmen upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia, terus dilakukan penurunan emisi gas rumah kaca melalui aksi mitigasi dan kerentanan perubahan iklim. Salah satu program yang telah dijalakan yaitu Program Kampung Iklim (PROKLIM) untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ditingkat lokal khususnya di Tana Toraja. Program tersebut sudah terlaksana sebanyak lima PROKLIM dan akan dikembangkan menjadi 46 PROKLIM di setiap 46 desa.

Untuk diketahui, sebanyak 14 mahasiswa Universitas Hasanudin dari Fakultas Kehutanan akan mengambil data untuk kebutuhan pendaftaran registrasi PROKLIM. Dari Sosialisasi ini diharapkan para Lembang dan Lurah dapat memahami dan membimbing mahasiswa dalam kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang akan dilakukan oleh masyarakat. 

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Balai Pengendalian Perubahan Iklim wilayah Sulawesi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tana Toraja, Kepala Lembang dan Lurah dari berbagai desa serta undangan yang terkait. (*)