Logo

2023 Menparekraf, Sandiaga Uno Targetkan Targetkan 7,4 Juta Kunjungan Wisman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/1/2023)

imlek_insul700_6

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan kunjungan 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2023.

Hal ini disampaikan Sandiaga usai melakukan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Rabu (25/1/2023).

"Targetnya kali dua, tahun lalu di 3,6 juta. Tahun ini, kunjungan wisman di 7,4 juta. Jadi salah satu strateginya adalah menggelar event-event kelas dunia dengan skala internasional," tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga mengaku Jokowi memberikan arahan terkait beberapa kegiatan Internasional yang akan digelar dalam waktu dekat, yakni Formula 1 Powerboat World Championship di Danau Toba, Sumatera Utara, FIFA U-20 World Cup, FIBA Basketball World Cup, dan ANOC World Beach Games di Bali.

Misalnya untuk kegiatan Formula 1 Powerboat World Championship di Danau Toba, Sumatera Utara, Sandiaga menargetkan sebanyak 25.000 wisatawan dan akan mendorong perekonomian daerah setempat.

"Selanjutnya adalah FIFA World Cup U-20, ini akan dipersiapkan sehingga kita mendapat suatu peningkatan prestasi tapi juga ada dampak ekonomi, tentunya juga peningkatan image indonesia sebagai negara yang bisa host turnamen-turnamen skala internasional," pungkas Sandiaga.

Adapun untuk FIBA Basketball World Cup, Sandiaga menyampaikan akan ada 8 negara yang bakal berlaga di International Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"ANOC World Beach Games di Bali, Agustus (2023), Ini akan mengundang 205 negara. Jadi kegiatan-kegiatan ini berdampak langsung pada lama tinggal wisman dan juga dampak ekonomi pada ekonomi Bali dan setempat. Ini yang kita harapkan bisa mempercepat pemulihan khususnya di sektor pariwisata," imbuh Sandiaga. (b1)