Logo

Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Besok

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kasad Jenderal Agus Subiyanto menjadi panglima TNI besok, Rabu (22/11/2023). Agus akan menggantikan panglima TNI saat ini Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

"Pelantikan insyaallah besok jam 10 oleh Bapak Presiden," ujar Jenderal Agus setelah resmi ditetapkan menjadi panglima TNI oleh DPR, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

DPR diketahui secara resmi mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Agus Subiyanto menjadi panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Pengesahan ini diputuskan dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

"Apakah pemberhentian dengan hormat Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI dan persetujuan Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI dapat disetujui?" tanya Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Rapat paripurna dihadiri 125 orang dan 169 anggota dewan, sehingga total kehadiran 294 orang dan dihadiri oleh anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR. Puan didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Rahmat Gobel, dan Lodewijk F Paulus.

Sebelum Jenderal Agus disahkan menjadi panglima TNI, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI dalam rapat paripurna tersebut. Meutya mengatakan, Komisi I telah melakukan rapat untuk mendengarkan visi dan misi dari Jenderal Agus.

"Komisi I memutuskan menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya. Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI," tutur Meutya.

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan kerja produktif. Komisi I berharap rapat paripurna hari ini dapat menetapkan persetujuan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai panglima TNI," pungkas Meutya.

Ket. FT: Panglima TNI terpilih Jenderal Agus Subiyanto di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 21 November 2023.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News