Logo

Indonesia Vs Iran, Ujian Bagi Skuad Garuda Sebelum Berlaga

Skuad Timnas Indonesia saat berfoto sebelum laga. Timnas menelan kekalahan lagi dari Libya dalam uji coba di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) (Foto: PSSI/ist)

QATAR -- Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Iran pada laga uji coba di Qatar, Selasa (9/1/2024) pukul 20.30 WIB. Skuad Garuda akan mendapat ujian sesungguhnya dari negara berperingkat 21 dunia itu sebelum berlaga di Piala Asia 2023,

Sebelum saling berhadapan, kedua negara sama-sama sudah melakukan uji coba jelang Piala Asia 2023. Skuad Garuda memainkan dua uji coba melawan Libya. Indonesia kalah dengan skor 0-4 pada laga pertama dan kalah 1-2 pada laga kedua.

Sementara itu, Iran memetik kemenangan saat berjumpa Burkina Faso. Iran menang dengan skor 2-1 lewat gol Mehdi Taremi dan Omid Ebrahimi.

Iran sangat dominan dalam sejarah pertandingan ini. Tim Melli meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang dalam lima pertemuan terakhir antar tim.

Iran juga menjadi peserta Piala Asia 2023 dan masuk daftar unggulan untuk menjuarai turnamen empat tahunan tersebut. Erick Thohir menganggap latih tanding Timnas Indonesia kontra Iran sebagai tantangan menghadapi raksasa sepak bola Asia.

"Dua pertandingan uji coba sudah dihadapi Timnas Indonesia. Meski bukan hasil yang kita inginkan, ada peningkatan dari partai sebelumnya," kata Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Minggu (7/1/2024).

"Sekarang, saatnya uji nyali dan mental melawan satu di antara kekuatan sepak bola terbesar di Asia, Iran. Pertandingan ini modal penting sebelum Timnas Indonesia menghadapi lawan-lawan kuat di Piala Asia 2023. Kita berikan yang terbaik," ujarnya.

Iran saat ini sedang dalam 11 pertandingan tak terkalahkan. Mereka meraih 10 kemenangan dan satu hasil imbang sejak kekalahan 0-1 melawan Amerika Serikat di Piala Dunia pada November 2022.

Berbanding terbalik dengan Iran, Timnas Indonesia gagal memenangkan empat pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Skuad Garuda kalah tiga kali dan meraih satu hasil imbang sejak mengalahkan Brunei 6-0 pada 17 Oktober.

Sejak Piala Dunia 2022, Iran telah menjalani enam pertandingan tandang berturut-turut tanpa kekalahan. Mereka memenangkan lima pertandingan dan satu hasil imbang dalam kurun waktu tersebut.

Latar belakang Iran yang mentereng inilah yang bakal jadi ujian menantang sekaligus menarik bagi Timnas Indonesia. Skuad Garuda bakal mendapat pengalaman berharga jelang Piala Asia dimulai.

Timnas Indonesia akan bertemu Jepang, Irak, dan Vietnam di fase grup D. Sedangkan Iran bakal bersaing dengan Hong Kong, Uni Emirat Arab, dan Palestina di Grup C.

Perkiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Iran (4-4-2): Alirez Beiranvand; Sadegh Moharrami, Hossein Kanaani, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Mohammad Mohebi, Saman Ghoddos, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh; Mehdi Taremi, Shahriyar Moghanlou.

Pelatih: Amir Ghalenoei.

Cek berita dan artikel yang lain infosulsawesi.com di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Infosulawesi.com di Saluran Whatsapp