Logo

Deteksi Dini Kerawanan, Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Keamanan Tembok dan Brandgang Rutan Watansoppeng

Watansoppeng -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Monitoring dan Evauasi Pelaksanaan tugas Pemasyarakatan Pada Rutan Watansoppeng guna melakukan Deteksi Dini Kerawanan Gangguan Keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan (24/1/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Dengan amanat Kepala Kantor Wilayah Kemnterian Hukum dan HAM Sulsel, Liberti Sitinjak untuk terus menjaga kondusifitas Lapas/Rutan yang ada di Wilayah Sulawesi Selatan.

Tim Kanwil yang dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan, Baran dan Keamanan, Surianto disambut dengan hangat oleh Ka. Rutan Watansoppeng, Arfandy.

Tiba di Rutan, Surianto langsung melakukan pemantauan dengan keliling/troling ke Blok, Kamar hunian Warga Binaan pemasyarakatan, sarana prasarana WBP, dapur, Toilet, Tembok dalam, Tembok luar dan brandgang Rutan.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan ada beberapa hal yang memerlukan perbaikan dan pembenahan khususnya ditemukan beberapa keretakan pada area tembok dan brandgang dalam.

"Ini akan segera kita laporkan kepada Kepala Kantor Wilayah, agar menjadi atensi khusus untuk segera direhab/perbaiki," ungkap Surianto

Selanjutnya Surianto memberikan penguatan Pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan terkait mitigasi risiko kepada Pejabat dan pegawai rutan Watansopeng.

Beliau menyampaikan setiap pegawai harus mampu memetakan risiko kerawanan ( mitigasi) di Rutan sehingga kita bisa melakukan Deteksi dini terhadap masalah - masalah yang akan terjadi.

Selanjutnya dalam melaksanakan tugas tentunya kita menghadapi berbagai risiko yang mungkin saja terjadi didalam rutan kadangkala mitigasi risikonya sudah benar namun terkadang adanya kesalahan seseorang (human error) yang mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Untuk itu, Surianto meminta kepada seluruh jajaran Rutan Watansoppeng agar senantiasa bekerja secara Tim, saling bahu membahu, meningkatkan koordinasi dan komunikasi serta terus bersinergi dengan berbagai stakeholder terkait.

Sementara itu Ka. Rutan Watansoppeng menyampaikan dalam program 100 hari tugas, beliau telah melakukan 4 (Empat) prioritas kerja, yakni :
Pengembangan SDM, Sosialisasi dan pemberian reward kepada Pegawai yang dilakukan secara berkesinambungan;
Melaksanakan Deteksi Dini Kerawanan dengan memasang kawat silet keliling dan penambahan tembok keliling; menggelar Penggeledahan Rutin secara mendadak dan
Bersinergi dan kolaborasi dengan stake holder baik itu pemerintah daerah maupun mitra kerja Rutan Watansoppeng.