Logo

JCH 2024 Termuda Kloter 1 Embarkasi Makassar Berusia 18 tahun

RIsky, Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Makassar adalah JCH termuda berusia 18 tahun yang menggantikan posisi ayahnya untuk berangkat ke tanah suci.

MAKASSAR -- Resky merupakan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 1 Embarkasi Makassar Sulawesi Selatan yang baru berusia 18 tahun, dan ia menggantikan posisi ayahnya yang meninggal dunia sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci.

"Berangkat haji ini, perasaan campur aduk. Ada perasaan senang bisa berangkat haji, tapi sedih juga karena seharusnya bapak yang berangkat haji,” ujar Resky di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (11/5/24).

Dia menuturkan bahwa ayahnya 10 tahun lalu mendaftar haji reguler, namun belum sempat mendapatkan panggilan dalam daftar tunggu, ayahnya keburu wafat. 

Dari hasil kesepakatan keluarga, dialah yang mendapatkan amanah untuk menggantikan ayahnya menunaikan ibadah haji.

Risky juga menjelaskan bahwa seharusnya ayahnya berangkat haji bersama ibunya pada tahun 2020. Tetapi, akibat pandemi Covid-19, keberangkatan haji kedua orang tuanya ditunda.

“Jadi Bapak kemarin menunggu kurang lebih 10 tahun, yang harusnya berangkat 2020 tapi karena pandemi COVID-19 jadi tertunda,” jelas gadis belia asal Kota Makassar ini.

Risky yang tergabung dalam Kloter 1 Embarkasi Makassar dijadwalkan bersama ibunya dan jamaah lainnya bertolak ke tanah suci pada pukul 16.30 Wita dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.