Logo

Dua Pulau di Gorontalo Segera Jadi Kawasan Konservasi

Pengunjung mengamati Hiu Paus (Rhincodon Typus) di objek wisata Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo,, Rabu (22/5/2024) (Foto: Dok/ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/zk).

GORONTALO -- Langkah bersejarah di bidang konservasi laut telah diambil oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Perihal ini,  Pulau Raja dan Pulau Popaya akan segera ditetapkan sebagai kawasan konservasi laut daerah.

"Kawasan perairan di Pulau Raja dan Pulau Popaya memiliki potensi keanekaragaman biodiversiti hayati laut. Kandungannya sangat tinggi," kata Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Syafrie A.B Kasim, Jumat (24/5/2024).

Syafrie mengatakan, proses percepatan penetapan kawasan ini merupakan langkah konkret dari komitmen pemerintah daerah. dalam pelestarian keanekaragaman hayati laut. Menurutnya, Pulau Raja dan Pulau Popaya bukan hanya menjadi saksi bisu kekayaan alam laut Gorontalo Utara. 

Tetapi, juga akan menjadi penanda penting dalam sejarah konservasi laut di Indonesia. “Keanekaragaman tersebut seperti terumbu karang dan lokasi bertelur spesies penyu sisik dan penyu hijau," kata Syafrie.

Khusus di wilayah lokasi perairan Pulau Raja dan Pulau Popaya juga sudah terbentuk Kelompok Penggerak Konservasi (Kompak) Sinar Penyu. Selain itu, Pokmaswas Maritim yang mendukung kegiatan pengawasan di kawasan perairan tersebut.

"Dengan penetapan sebagai kawasan konservasi laut daerah diharapkan kelestarian ekosistem laut di sekitar pulau-pulau tersebut dapat terjaga. Dengan lebih baik untuk generasi mendatang," ujarnya. 

Diungkapkan, kunjungan terakhir telah dilaksanakan tim dari Direktorat Konservasi Ekosistem dan Biota Perairan. Bekerja sama dengan tim bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PRL dan PSDKP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Gorontalo.

Target kunjungan untuk memastikan komitmen pemerintah daerah. Khususnya, dalam percepatan penetapan kawasan konservasi laut.

Selain sebagai langkah administratif, kunjungan tersebut juga melibatkan tindakan nyata dalam pelestarian alam. "Tim konservasi melakukan pelepasan hewan tukik di dua pulau tersebut, menandai dimulainya upaya pelestarian yang lebih luas," ucapnya.