Logo

Ritual Adat Sambut Tim Penilai AKI 2024 di Istana Datu Luwu: Melestarikan Budaya Palopo

PALOPO - Setelah pemaparan terkait kebudayaan di kota palopo selanjutnya Tim verifikasi lapangan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 melakukan kunjungan ke Istana Datu Luwu, Jumat 18 Oktober 2024.
 
Sebelum memasuki istana Tim Penilai Anugerah Kebudayaan Indonesia Prof. DR. Mukhlis Paeni disambut secara prosesi adat ripaduppa lellung atau dipayungi dengan tenda serta prosesi adat lainnya seperti Ripattudang, Ritoana, Pajjaga Bone Balla dan Risajoi.
 
cds
 
Ketua Tim Penilai Anugerah Kebudayaan Indonesia Prof. DR. Mukhlis Paeni pada kesempatan itu menyampaikan suatu kehormatan dan kebanggaan berada dalam istana kedatuan luwu tentu dengan kedatangan kami untuk melakukan verifikasi lapangan terkait kelayakan kota palopo untuk mendapatkan Anugerah Kebudayaan Indonesia.
 
Karena kota palopo merupakan salah satu kota yang diberikan kesempatan untuk mendapatkan Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2024 penghargaan ini tidak datang secara tiba-tiba dan kebetulan untuk itu kami hadir disini secara langsung untuk melakukan verifikasi.
 
Setelah melakukan kunjungan ke istana Datu luwu rombongan Tim verifikasi lapangan Anugerah Kebudayaan Indonesia menuju makam raja-raja luwu (Lokkoe) yang juga masuk salah satu cagar budaya kota palopo.