Logo

Otorita IKN: IKN Nusantara, Smart City Yang Layak Ditinggali dan Dicintai

Ilustrasi IKN baru (Ekonomi Bisnis/ Atantya Suwignyo Putro)

INFOSULAWESI.com, SEOUL -- Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan Indonesia akan membangun IKN Nusantara yang layak untuk ditinggali dan dicintai. IKN akan mengambil konsep Smart Future Forest City dengan memadukan alam, teknologi, dan budaya.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri forum Global Infrastructure Cooperation Conference (GICC) 2022 di Seoul, Korea Selatan. Dalam acara tersebut, Indonesia mendapat perhatian dan menjadi primadona. Indonesia bahkan mendapatkan satu sesi khusus dalam GICC 2022 dengan tajuk “Korea-Indonesia Cooperation Forum on Indonesia’s New Capital City.”

"Pemerintah RI akan memberikan kesempatan kepada para calon investor asing, termasuk dari Korea Selatan untuk turut berpartisipasi dalam membangun IKN Nusantara" ujar Bambang seperti dikutip dari keterangan resmi KBRI Seoul, Jumat 2 September 2022.

Bambang juga menekankan 5 konsep yang harus selalu dibawa dalam membangun IKN, yaitu Green (ramah lingkungan), Smart (penggunaan teknologi pintar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat), Inclusive (kota yang layak bagi semua kalangan), Resilience (ketahanan terhadap risiko bencana alam atau perubahan iklim), serta Sustainable (berkelanjutan untuk masa depan).

Sebagai tambahan informasi, GICC 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi (MOLIT) dan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, bekerja sama dengan Korea Overseas Infrastructure & Urban Development Corporation (KIND) dan International Contractors Association of Korea (ICAK).***

Sumber: Berbagai sumber