Logo

Viral Disawer Uang, Qariah Nadia Hawasyi Beri Penjelasan

Sreenshoot Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang qariah disawer uang saat membaca ayat suci Al-Qur'an oleh dua jemaah laki-laki.

dwnoerinsul222_640_49

INFOSULAWESI.com, TANGERANG -- Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang qariah disawer uang saat membaca ayat suci Al-Qur'an oleh dua jemaah laki-laki.

Bahkan selain menjatuhkan uang di atas kepala sang qariah, satu di antara dua jemaah laki laki itu juga terlihat menyelipkan lembaran uang ke sisi kanan dan kiri jilbab yang digunakan qariah tersebut.

Ustazah Nadia Hawasyi menjelaskan duduk perkara kejadian video yang viral itu. Hal ini disampaikan Nadia Hawasyi usai mengisi acara tasyakuran di Masjid Al-Amjad Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Jumat (6/1/2023) malam.

"Ya saya sangat syok dan kaget juga karena baru tahu kemarin pagi video itu viral. Sebetulnya itu acara sudah lama sudah dua bulan yang lalu cuman baru viral sekarang," ucap Nadia Hawasyi.

Sebetulnya, kata Ustazah Nadia, kejadian itu sudah cukup lama, yakni pada bulan Oktober 2022. Kala itu, ia tengah mengisi acara peringatan Maulid Nabi di Desa Cibaliung, Pandeglang, Banten.

"Jadi itu kejadiannya pada acara Maulid Nabi di Pandeglang dan tanpa sepengetahuan saya juga. Itu tiba-tiba saya lagi ngaji di atas panggung, tiba-tiba panitia laki laki dan perempuan naik ke atas panggung buat menyawer saya," sebutnya.

Ustazah beranggapan tindakan saweran yang dilakukan panitia acara itu tidak bermaksud untuk melecehkan. Diduga, saweran itu bagian dari tradisi masyarakat setempat.

"Mungkin tidak bermaksud untuk melecehkan saya atau bagaimana, mungkin memang itu tradisi mereka, cuman salah caranya gitu yang kurang sopan terhadap saya," ujra Ustadzah.

Ustazah Nadia Hawasyi merasa direndahkan. Apalagi saat itu ia tengah membaca ayat suci Al-Qur'an.

"Jadi saya juga merasa gimana ya, merasa di rendahkan sekali gitu karena saya lagi baca Qur'an, terus tiba tiba panitia ke atas panggung buat nyawer saya jadi serasa saya ini enggak dihargai gitu," paparnya.

Nadia mengaku sempat kesal. Namun, dirinya tidak mungkin langsung memarahi orang yang menyawernya di atas panggung. Hal ini karena Nadia saat itu sedang membaca Al-Qur'an.

"Saya sangat kesal, cuma enggak bisa langsung marah gitu di situ kan karena di depan saya juga banyak para jemaah. Seperti acara lainnya gitu banyak ribuan jamaah enggak mungkin saya langsung marah negur panitia pada saat itu juga," ungkapnya.

Setelah turun panggung dan selesai acara, barulah Ustazah Nadia Hawasyi menegur panitia acara itu. Kepada Nadia, pihak panitia telah meminta maaf dan menyampaikan penyesalannya.

"Jadi saya langsung tegurnya setelah saya selesai ngaji. Mereka minta maaf ke saya sangat menyesali perbuatannya itu mudah-mudahan ke depannya tidak terjadi lagi," jelasnya.

Ustazah Nadia mengaku kejadian serupa saweran uang pernah dialami. Namun, peristiwa sebelumnya, tidak seterang seperti acara yang terjadi di Pandeglang Banten itu.

"Pernah, cuma enggak sefrontal itu. Jadi nyawer biasa aja di depan saya pakai bak atau apa gitu. Jadi taruh uangnya di situ enggak sampai ke saya, dikalung-kalungin gitu," ujarnya.

"Kalau menurut saya kurang pantas ya kalau untuk kita kalangan qariah atau qari lagi ngaji terus tiba-tiba disawer dengan uang kaya gitu kurang pantas. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi hal seperti ini ke depannya," harapnya. (*/B1)