Logo

Masyarakat Kritik Kepolisian Dalam Jumat Curhat Bersama Kapolsek Lau Maros

INFOSULAWESI.com, MAROS -- Sama seperti sebelumnya, tiap hari Jumat, Kapolsek Lau, AKP Makmur, S.Sos kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat.

Untuk Jumat Curhat bersama Kapolsek Lau kali ini terlaksana di kediaman Jamaluddin yang tepatnya berada di Dusun Lalang Tedong, Desa Ampekale, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Jumat (20/01/2023).

Giat Jumat Curhat Kapolsek Lau bersama warga kali ini mengusung tema "Kapolsek Lau Membuka Ruang Curhat Terkait Tindakan Kejahatan dan Pungli Serta Gangguan Kamtibmas Lainnya".

Masyarakat Desa Ampekale terlihat antusias menyambut kedatangan Kapolsek Lau bersama jajarannya. Iptu Hartono ( Wakapolsek Lau) juga hadir dalam giat Jumat Curhat ini mendampingi Kapolsek lau, terlihat juga Fuad Latief (Kepala Desa Ampekale), Ipda Sudding (kanit Binmas Polsek Lau), Ipda Ilham (Kanit Sabhara Polsek Lau), Aiptu Arfah (Kanit Ik Polsek Lau).

Turut hadir pula H.M.Nur selaku Ketua BPD Desa Ampekale bersama para Kepala Dusun Desa Ampekale. Tidak ketinggalan Bhabinkamtibmas Desa Ampekale bersama para personil Polsek Lau, dan juga para Ketua RT / RW se Desa Ampekale, para tokoh masyarakat, agama, tokoh adat dan tokoh pemudanya.

Kapolsek Lau dalam sambutannya mengatakan bahwa giat Jum'at curhat dalam lingkup Polri ini terkait melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat serta menyampaikan masukan ataupun keluhan terkait tindak kejahatan, pungli dan gangguan Kamtibmas lainnya dan memberikan respon dan penyelesaian terhadap keluhan dan permasalahan masyarakat lainnya.

Rusman selaku Kepala Dusun Binanga sangkara Ampekale ucapkan terima kasih atas kerjasama Kapolsek Lau  selama ini. Rusman juga menambahkan terkait adanya laporan yang pernah diajukan atas penggalian pasir di pesisir, Bhabinkamtibmas sangat merespon dan langsung turun tangan, ungkap Rusman sampaikan kepuasannya saat diberikan kesempatan untuk berbicara.

Senada dengan Rusman, Ketua BPD Ampekale M. Nur juga merasa puas dengan Bhabinkamtibmasnya, M. Nur juga ungkap rasa terima kasihnya kepada Bhabinkamtibmas yang selalu berperan aktif. Pada Jumat Curhat kali ini, salah satu tokoh masyarakat atas nama H. Usman Curhat tentang maraknya masyarakat mengkonsumsi minuman keras berupa Ballo', olehnya itu beliau meminta kepada pihak kepolisian agar bisa membasmi penyakit masyarakat yang sangat meresahkan tersebut.

Dan yang menarik dari sekian komentar dan curhatan warga, sama seperti minggu yang lalu saat ini juga ada warga yang berikan kritik kepada kepolisian.

Bustam selaku salah satu tokoh pemuda Desa Ampekale mengkritisi terkait adanya Bhabinkamtibmas yang double job atau memiliki wilayah ganda.

"Bagaimana Bhabinkamtibmas efektif melaksanakan tugasnya, sedangkan mempunyai wilayah di dua desa atau lebih daripada satu, dan ketika terjadi kasus didua wilayah tersebut dengan waktu bersamaan, bagaimana mereka akan mengatasinya.

"Jadi kami sebagai masyarakat sangat mensupport Bhabinkamtibmas hanya memegang satu (1) desa saja", ungkap Bustam.

Dari beberapa keluhan dan saran tersebut kapolsek Lau AKP Makmur, S.Sos akan segera segera menindak lanjuti setiap keluhan dan saran serta pendapat dari masyarakat tersebut. "Kegiatan Jum'at Curhat kiranya dapat menjadi ruang curhat yang aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menyampaikan saran dan pendapat atas kinerja Kepolisian dalam pelayanan kepada masyarakat", tutup Kapolsek dalam arahannya.

Giat Jumat Curhat Bersama Kapolsek Lau ini berakhir sekitar pukul 11.30 Wita, semua peserta yang tergabung dalam giat Jumat Curhat Bersama Kapolsek Lau ininpun membubarkan diri setelah lakukan sesi foto bersama dengan situasi tetap kondusif. (Chairil Anwar/IS)