Logo

Persiapkan Laporan Keuangan Yang Akuntabel, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pra Rekonsiliasi

header_wbbm_23_700_sul_9

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Indah Rahayuningsih mengatakan pihaknya telah melaksankan kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan di Hotel Claro, dari tanggal 18 -20 Januari 2023.

“Kegiatan tersebut digelar untuk memperoleh laporan keuangan yang akuntabel, akurat dan berkualitas serta sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintaha sehingga nantinya dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM,” terang Indah dalam keterangannya di Kanwil Sulsel, Sabtu(21/1).

“Juga sebagai mekanisme fasilitas penyusunan keuangan serta menyamakan pandangan dalam membuat dan menyusun laporan keuangan yang merupakan bentuk akuntabilitas Kanwil Sulsel dalam mempertanggungjawabkan Pengelolaan Keuangan Negara,” lanjut Indah.

Indah menambahkan kegiatan tersebut diikuti oleh oleh Operator Aset persediaan dan Operator GL Pelaporan sebanyak 84 orang peserta dari 42 Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan dengan menghadirkan pendampingan dari Biro BMN, Biro Keuangan, Ditjen Pemasyarakatan dan Ditjen AHU.

Selanjutnya Indah menegaskan bahwa pihaknya terlebih dahulu telah meminta komitmen dari seluruh peserta untuk berkinerja dengan baik agar nantinya sejalan dengan apa yang telah digariskan oleh kakanwil Liberti Sitinjak untuk dapat memaksimalkan kinerja pelaksanaan anggaran Kanwil Sulsel melalui serapan anggaran yang maksimal, nilai IKPA yang optimal dan nilai SMART yang baik.

“Setidaknya di tahun 2023 ini, Kanwil Sulsel dapat mempertahankan peringkat pertama serapan anggaran yang diraih pada 2022 lalu,” tutup Indah. (*)