Logo

Walikota Makassar, Danny Pomanto Buka Ramadhan May Day Expo 2023 untuk Para Pekerja

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membuka kegiatan Ramadhan May Day Expo 2023. (Pemkot Makassar)

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membuka acara Ramadan May Day Expo untuk para pekerja sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Buruh Sedunia 2023 di daerah itu.

"Ramadan May Day Expo 2023 ini banyak rangkaiannya, semuanya dipersembahkan untuk pekerja kita," ujarnya di Makassar, Senin.

Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto-- itu, mengatakan Ramadan May Day Expo mengawal kepentingan pekerja demi kemajuan masyarakat dan Kota Makassar.

Ia menyatakan melalui Disnaker Makassar, akan mengawal semua kepentingan pekerja dan pengusaha di daerah itu.

"Saya terbuka sekali dengan teman-teman pekerja maupun pengusaha, mengerti kesulitan kaum pekerja karena saya lahir di lorong karena banyak kaum pekerja merupakan anak lorong. Sensor sosial menjadi keseharian saya," katanya.

Selama menjabat sebagai wali kota setempat, dirinya akan menampung aspirasi kaum buruh dan kepentingan pengusaha untuk diselesaikan dan dituntaskan.

Ia menyatakan komitmen pemerintahannya untuk tegak lurus dan menjaga integritas semua kepentingan sebaik-baiknya.

Danny yang juga Ketua Tripartite Kota Makassar ini, menuturkan Hari Buruh Sedunia momentum memperingati dan mengevaluasi semua hal yang menyangkut perburuhan dalam skala kota, nasional, dan internasional.

Bagi Makassar yang hanya mengandalkan sektor perdagangan, jasa, dan industri, katanya, kemampuan pekerja menjadi penentu kota ini baik atau buruk, demikian pula pertumbuhan ekonomi bisa berputar cepat atau lambat dipengaruhi pekerja.

Oleh karena itu, kata dia, dalam kebijakan nasional dikenal dengan Kebijakan Tripartite yang bagaimana pengusaha, pekerja, dan pemerintah bekerja bersama sebagai penopang ekonomi bangsa.

"Pemerintah sebagai regulator butuh input dari pekerja, begitu pun dengan para pengusaha. Pemerintah merupakan jembatan antara kepentingan kaum pekerja dan pebisnis. Pemerintah sebagai penengah dan mengunci dalam dua kepentingan ini," katanya.

Dia mengungkapkan Makassar pascapandemi mengalami "rebound" yang cukup menggembirakan, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional dan provinsi.

Hal itu, kata dia, sekaligus menandai terbuka peluang kerja baru.

Meski inflasi menjadi penghambat, timnya komitmen menekan laju inflasi.

Dia mengajak dengan semangat Tripartite agar saling mengusung dan mendukung satu sama lain.

"Untuk sama-sama maju dan maju bersama. Agar maju secara ekonomi, kuat secara sosial, dan terpandang secara kultural," katanya.

Ketua Panitia Ramadan May Day Expo Mulyadi mengatakan tujuan pameran itu memantapkan hubungan industrial pekerja, pengusaha, dan pemerintah semakin harmonis dalam bingkai kebersamaan

Dalam rangkaian Hari Buruh Sedunia, ia menyebut beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, seperti dialog ketenagakerjaan, Ramadan May Day Expo, dan malam ramah tamah pada Mei mendatang.

snapedit_puasa_insul700_4

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News