Logo

Rencana Pelaksana Sholat Ied Idul Adha 1444 H. Bertempat di MABM Kota Kotamobagu

iduladhakotamo700_1

INFOSULAWESI.com KOTAMOBAGU -- Ketua panitia Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kota Kotamobagu, Agung Adati, menjelaskan jika pelaksanaan Sholat Ied pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, direncakan akan menggunakan Masjid Agung Baitul Makmur (MABM) Kota Kotamobagu.

"Sesuai rapat yang kami gelar bersama untuk dilaporkan ke Ibu Walikota, rencananya untuk pelaksanaan sholat Ied akan dipusatkan di MABM. Namun hal ini masih menunggu petunjuk persetujuan dari Ibu Walikota," terang Agung Adati, yang juga selaku Asisten III Pemkot Kotamobagu, Selasa (27/06/2023).

Dirinya juga menjelaskan bahwa hingga saat ini kondisi data pergerakan jumlah hewan Qurban yang nantinya akan disembeli di setiap kelurahan/desa di Kota Kotamobagu untuk hewan jenis Sapi berjumlah 98 ekor dan hewan Kambing berjumlah 14 ekor.

"Data ini masih sementara dan akan bertambah. Nantinya juga sesuai rencana satu ekor hewan qurban milik Pemkot Kotamobagu akan diserahkan oleh Walikota secara simbolis usai sholat Ied tepatnya di MABM," terangnya.

Ia juga menambahkan, lokasi pemotongan hewan qurban milik Pemkot Kotamobagu, semua disatukan di lokasi pemotongan hewan yang berada di Kelurahan Mongkonai.

"Sebab disana juga sudah ada petugas yang akan memeriksa kesehatan hewan qurban sehingga hasilnya benar-benar higienis," ungkapnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum ini juga menambahkan, untuk pembagian kupon telah diserahkan kepada Sangadi/Lurah sesuai data yang telah dimasukan.

"Jadi meskipun ditiap kelurahan/desa juga melaksanakan penyembelihan hewan qurban, akan tetapi kami juga menunggu jika ada kekurangan di kelurahan/desa yang belum sempat kebagian daging qurban, sehingga tambahnya nanti akan diserahkan sesuai permintaan," tukasnya.


DATA SEMENTARA JUMLAH HEWAN QURBAN.

1. Kelurahan Motoboi Kecil.
Sapi. : 21 Ekor
Kambing: 2 ekor
2. Desa Kobo Kecil
Sapi. : 3 Ekor
Kambing: 3 ekor
3. Kelurahan Kotobagon
Sapi. : 8 Ekor
Kambing: 1 ekor
4. Kelurahan Motoboi Besar
Sapi. : 2 Ekor
Kambing: ……
5. Kelurahan Pobundayan
Sapi. : 5 Ekor
Kambing: 1 ekor
6. Desa Poyowa Besar Dua
Sapi. : 3 Ekor
Kambing: …….
7. Desa Kopandakan Satu:
Sapi. : 3 ekor
Kambing: 1 ekor
8. Kelurahan Genggulang:
Sapi. : 3 ekor
Kambing: ………
9. Kelurahan UPAI:
Sapi. : 1 ekor
Kambing: ………
10. Kel. GOGAGOMAN:
Sapi. : 15 ekor
Kambing: ………
11. Desa Moyag Todulan:
Sapi. : 4 ekor
Kambing: ………
12. DESA TABANG:
Sapi. : 1 ekor
Kambing: ………
13. Kel. Mongkonai Barat:
Sapi. : 8 ekor
Kambing: ………
14. Kelurahan Mongondow:
Sapi. : 8 ekor
Kambing: 2 ekor
15. Poyowa Besar Satu:
Sapi. : 2 ekor
Kambing: ……….
16. Desa Bilalang Dua:
Sapi. : 1 ekor
Kambing: 1 ekor
17. Kelurahan Matali:
Sapi. : 7 ekor
Kambing: 3 ekor
18. Kelurahan Matali:
Sapi. : 3 ekor
Kambing: ……


JUMLAH SEMENTARA:
- SAPI : 98 ekor
- Kambing: 14 ekor

Kepada Masyarakat dihimbau untuk memeriksa kesehatan ternak sebelum dan sesudah disembeli. Pemkot telah menyiapkan Dokter dan Tenaga Teknis untuk membantu memeriksa kesehatan ternak melalui Dinas Pertanian Kota Kotamobagu.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News