Logo

FTKOM UNCOKRO Palopo Sukses Gelar SEMANTIK 4 Menghadirkan Narasumber Fenomenal

INFOSULAWESI.com, PALOPO -- Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo menggelar Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (SEMANTIK) 2023, secara virtual Sabtu (23/9) pada sesi I dan dilanjutkan persentasi makalah pada sesi II.

Diawali dengan pembacaan doa yang khidmat oleh bapak Abdullah Syukur, S.Pd., M.Pd, mengharakan  kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan berkah.

Kegiatan seminar yang mengusung tema “Meningkatkan riset dan inovasi teknologi di perguruan tinggi” ini berlangsung meriah serta dihadiri sekitar lebih dari 1.000 peserta, 53 pemakalah dari kalangan Akademisi, Praktisi, umum dan Mahasiswa. Dalam laporanya, Dalam laporan ketua panitia, Siaulhak, S.Kom.,M.Pd, mengucapkan terima kasih atas kepada Yayasan dan Pimpinin UNCP, dan Pimpinan Fakultas Teknik Komputer atas bantuan dan support dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan SEMANTIK 4.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dua tahunan FTKOM yang bisa menjadi ajang bagi para akademisi, praktisi maupun mahasiswa untuk mempresentasikan gagasan serta karya-karyanya dibidang teknologi informasi atau komputer.

Pembukaan dipandu oleh Nuur Insan Tangkelangi, S.Pd., M.Pd., M.Tesol sukses dan berjalan dengan baik kemudian dilanjutkan dengan sesi 2 yang di moderatori oleh Dr. M. Nur Hakim, M.Pd.yang merupakan dosen dosen UNCP.

Bertajuk Meningkatkan Riset dan Inovasi Teknologi di Perguruan Tinggi, dan menghadirkan Prof. Dr. Sugiyono, M. Pd. (Pembina Beeru Institute dan Peraih 4 Rekor Reko MURI Bidang Metodologi Pendidikan), yang sudah menghasilkan banyak karya karya publikasi dalam bentuk buku yang dimana hasil karyanya ini banyak dijadikan referensi referensi bagi peneliti.

Kegiatan yang dibuka oleh Rahman Hairuddin, S. P., M. Si. Rektor UNCP dalam sambutannya mengungkapkan bahwa semua bidang ilmu membutuhkan teknologi. Seminar ini mengedukasi mahasiswa dan peserta mengenai pentingnya teknologi informasi, Ucapan terima kasih kepada ketua panitia dan tim yang bekerja sehingga kegiatan ini bisa berjalan rektor berharap dengan kegiatan ini bisa mengawali untuk membangun komunikasi dan kerjasama dalam bidang bidang penelitian, beliau berharap sangat tepat jika mahasiswa  mengikuti agar bisa mengimplementasikan teknologi, karena saat ini peranan teknologi sangat penting.

Nirsal, S. Kom., M. Pd., Dekan Fakultas Teknik Komputer mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi dosen dan mahasiswa, khususnya program studi Informatika, "Kegiatan ini menjadi wadah bagi dosen dan mahasiswa khusus program studi informatika untuk sharing ilmi dan memahami riset inovasi teknologi komputer di perguruan tinggi," tuturnya.

Nirsal juga menambahkan seminar ini dapat memotivasi dosen untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang menjadi hilirisasi keperluan kampus maupun masyarakat pada umumnya.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Sugiono, M.Pd dan Dr Ir. Zair Zainuddin, M.Sc. atas kesediaannya menjadi narasumber pada kegiatan ini, dan menyampaikan kepada peserta, agar bisa menyerap ilmu dari narasumber, tak lupa beliau megucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, atas kerja kerasnya dalam melaksanakan kegiatan seminar ini, diharapkan bagi peserta khususnya yang sudah memprogramkan skripsi yang merencakan penelitian agar bisa menyimak dengan baik materi yang disajikan oleh pemateri.

Mengawai materi pertama dari Prof. Dr. Sugiyono, M. Pd tentang peningkatan riset dan inovasi teknologi diperguruan tinggi mengungkapkan bahwa pentingnya peningkatan Riset menghasilkan inovasi yang meningkatkan mutu Perguruan Tinggi, yang menjadi bagian dari implementasi tridharma Perguruan Tinggi.Membahasa terkait dengan riset penelitian dasar dan penelitian pengembagan, metode penelitian yang dibahas terakit arah peneltian penelitian yang yang harus memiliki inovasi dan kebaruan penelitian,

Pada materi kedua Dr. Ir. Zahir Zainuddin, M. Sc. yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Teknik Informatika Universitas Hasanuddin, Dosen Departemen Teknik Informatika UNHAS dalam pemyampaian materi yang mengulas tentang perkembangan artifisial intelijen sebagai Strategi Pengembangan dan Implementasi dengan Local Wisdom.

Menjadi alasan beliau mengangkat topik tersebut mengharapkan dan berupaya agar bisa menjadi tantangan khususnya di wilayah luwu raya untuk peningkatan Teknologi AI, biar bisa bersaing dengan dunia global.Kecerdasan buatan fokus pada pengembangan sistem komputer yang bertugas menggantikan kegiatan kegiatan manusia.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News