Logo

Pj Gubernur Sulsel Ajak Kawasan Maritim Sulsel Berkembang di Festival Phinisi Bulukumba

Bulukumba - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, didampingi Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, memeriahkan puncak Festival Phinisi ke-13 di Kawasan Pantai Bira, Bulukumba, pada Jumat malam, 27 Oktober 2023. Acara yang menampilkan sejumlah artis dan hiburan ini menjadi sorotan dengan pesan-pesan penting yang disampaikan oleh Pj Gubernur.

 

Bahtiar Baharuddin mengungkapkan kagumnya terhadap keindahan Bulukumba sebagai destinasi pariwisata. Selain keindahan alamnya, pembuatan kapal Phinisi yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda mendapat apresiasi khusus.

"Kapal Phinisi ini telah diakui oleh dunia melalui UNESCO. Ini adalah warisan yang luar biasa yang harus kita lestarikan," kata Bahtiar.

Pj Gubernur juga berbicara tentang rencananya untuk mengembangkan Kabupaten Kepulauan Selayar dan Bulukumba sebagai kawasan pengembangan wisata maritim yang tidak dapat dipisahkan. Kepulauan Selayar memiliki daya tarik khusus dengan terumbu karangnya yang dikenal di manca negara, yakni Taka Bonerate.

"Kepulauan Selayar dan Bulukumba tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, saya meminta bantuan dari seluruh pihak di Pemprov Sulsel untuk membantu dalam pengembangan kawasan maritim, terutama dalam sektor pariwisata di Kabupaten Bulukumba dan Kepulauan Selayar," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyoroti Festival Phinisi sebagai event pariwisata tahunan yang telah sukses dilaksanakan sebanyak tiga belas kali. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan kegiatan Festival Phinisi ini.

Acara semakin meriah dengan kehadiran Pj Bupati Bantaeng, Pj Bupati Sinjai, Bupati Wajo, Kepala Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang, Tim Monev Kementerian Pariwisata, dan Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

Festival Phinisi menjadi semakin berkesan ketika Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, bergabung dengan band Jade N Sugy untuk menyanyikan lagu bersama. ***

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News