Logo

Ganjar Harap Debat Pertama Munculkan Kecenderungan Memilih Capres

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023) (Foto: Antara)

JAKARTA -- Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo berharap, debat Pilpres pertama memunculkan preferensi (kecenderungan memilih) bagi masyarakat. Ia pun berterima kasih kepada KPU atas penyelenggaraan debat semalam. 

"Untuk pertama kali ini, para pemilih mendapatkan preferensi. Dari cara berpikir di konsep atau visi misi masing-masing (capres)," kata Ganjar di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ganjar juga berharap, debat pertama dapat mengedukasi masyarakat untuk menentukan pilihan pada Pilpres 2024 mendatang. "Masih ada debat-debat yang lain," ucap Ganjar.

Ia pun meminta masyarakat mengikuti seluruh rangkaian debat yang diselenggarakan KPU. "Kita harap masyarakat bisa mengikuti terus," ujar Ganjar.

KPU RI merasa puas, debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024 berjalan sesuai harapan. Selama 120 menit dan enam segmen, para capres saling berinteraksi dan berdebat sesuai tema pertanyaan yang dipersiapkan panelis.

"Debat ini kalau jatahnya presiden, maka yang bicara adalah calon presiden dan dari enam segmen. Boleh dikatakan, terjadi perdebatan segmen 2, segmen 3, segmen 4 dan segmen 5," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari. 

Hasyim juga merasa puas tiga capres benar-benar memanfaatkan panggung dan waktu debat. Diharapkannya, visi-misi dan program kerja yang disampaikan para capres dapat dipahami masyarakat.

"Segmen 2 dan 4, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang dikonseptualisasi oleh tim panelis. Kemudian, debat segmen 4 dan 5 adalah pertanyaan diajukan capres sendiri-sendiri dan ditanggapi oleh capres sendiri-sendiri juga," ucapnya.

Debat pertama Pilpres 2024 berlangsung semalam di depan Gedung KPU RI. Debat tersebut membahas pemberantasan korupsi, HAM, hukum, pemerintahan, dan penguatan demokrasi.

Cek berita dan artikel yang lain infosulsawesi.com di Google News