Logo

KPU Pastikan Format Debat Terakhir Pilpres Tak Berubah

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari

JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menegaskan format debat terakhir Pilpres 2024 pada 4 Februari 2024 tidak berubah. Menurut Hasyim, format debat tetap berlangsung dalam 6 segmen selama 120 menit di waktu jeda dan iklan.

"Format debat termasuk penyelenggaranya tetap," ujar Hasyim saat ditemui di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Hasyim mengatakan secara umum debat terakhir ini akan berlangsung sama seperti debat-debat sebelumnya. Dia mengaku, KPU juga tidak memberikan penekanan khususnya karena meyakini masing-masing pasangan capres-cawapres dan tim pemenangan sudah memiliki strategi untuk meyakinkan pemilih melalui debat.

"Saya kira masing-masing calon presiden, wapres juga timnya sudah punya strategi dan metode yang dianggap jitu oleh masing-masing ya. Debat ini menjadi penampilan terakhir dan dalam rangka meyakinkan pemilih. Soal strategi, metode berdebat, urusan masing-masing paslon dan timnya," jelas Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim juga memastikan debat pilpres terakhir akan tetap dihadiri oleh pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres. Hal ini disampaikan Hasyim merespons pernyataan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang mengusulkan agar KPU mengevaluasi keberadaan pendukung di arena debat. Pasalnya, keberadaan para pendukung terlalu ribut sehingga mengganggu jalannya debat.

"Tetap ada tim pasangan calon yang jumlahnya 75 orang, jadi tetap," pungkas Hasyim.

Debat terakhir Pilpres 2024 akan mempertemukan ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Debat kelima Pilpres 2024 ini akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024 mendatang.

Tema debat terakhir ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. KPU dan televisi penyelenggara debat belum menentukan lokasi debat, tetapi dipastikan akan berlangsung di Jakarta.

Format debat terakhir Pilpres 2024 sama seperti debat-debat sebelumnya, yakni dibagi dalam 6 segmen dengan materi mulai dari pemaparan visi, misi dan program sesuai tema debat, menjawab pertanyaan panelis, tanya jawab antara peserta debat dan pernyataan penutup.