Logo

WNI Antusias Gunakan Hak Suaranya di Amerika Serikat

Ilustrasi WNI tengah memasukkan hasil pencoblosan ke kotak suara (Foto: Instagram KBRI Washington)

insulcoblos24_700_3

WASHINGTON DC -- Warga Negara Indonesia (WNI) antusias menggunakan hak suara mereka dalam pemungutan suara di Washington DC, Amerika Serikat. Pemilihan Umum Luar Negeri 2024 di Amerika Serikat  dilaksanakan serentak pada 10 Februari 2024 waktu AS. 

Suasana di TPS sangat ramai saat berlangsung pemungutan suara mulai pukul 08.00 sampai 18.00. Pemungutan suara di TPS wilayah Washington D.C., Maryland, dan Virginia (DMV) dilaksanakan di Wisma Indonesia, Washington D.C.

"Tidak hanya ramai oleh WNI yang akan menggunakan hak suara, tapi juga ramai oleh WNI yang menjual berbagai jenis kuliner Indonesia menggunakan food truck. Sehingga, lalu lintas menjadi macet dan membuat polisi lalu lintas pusing juga mengaturnya," kata wartawan Voice Of America (VOA) Eva Mazreva, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Eva, tingginya antusiasme ini tidak terlepas dari masifnya sosialisasi yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Sosialisasi tersebut rajin dilakukan PPLN sejak tahun lalu melalui simpul-simpul masyarakat Indonesia, komunitas keagamaan WNI, dan sosial media.

Eva mengatakan proses pemilihan dibagi dalam empat sif dalam rentang pukul 06.00-18.00 waktu setempat. Pemilih diminta datang sesuai sif yang sudah dicantumkan dalam surat undangan yang dikirim PPLN.

Pembagian tersebut karena banyaknya jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Totalnya ada 1.700 orang pemilih dalam DPT. 

"Jadi kalau tidak dibagi dalam beberapa sif akan ada penumpukan. Hal itulah yang diantisipasi oleh PPLN," kata Eva.

Menurut Eva, setelah pemungutan suara selesai akan dilanjutkan penghitungan suara pada 14 Februari 2024. Penghitungan ini berbarengan dengan proses yang berlangsung di Indonesia. 

Eva juga menyampaikan fenomena unik, yakni para polisi yang ikut berjaga di sekitar Wisma Indonesia sangat menyukai makanan Indonesia. "Sampai mereka terlihat bolak-balik ke dalam mengambil makanan Indonesia yang disediakan oleh panitia," katanya.