Logo

Kacab Disdik Wilayah II, Firdaus Buka Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja di SMK 4 Gowa

GOWA -- Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Firdaus, S.Pd, M.Pd, MM membuka secara resmi Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Workshop tersebut dihadiri narasumber dari Universitas Negeri Makassar, Bapak Prof. Dr. Muhammad Rais, S.Pd., M.P., M.T, Pengawas Bina SMK, Bapak Drs. H. Syahrir Halido, M.Pd, Kepala UPT. SMK Negeri 4 Gowa, Bapak Drs. Imanuddin Djaya, M.Pd, Ketua Komite SMKN 4 Gowa, Bapak Abdul Hakim Abidin Daeng Ngerang.

Ketua panitia, Andi Indah Herawati, SP, M.Pd dalam penyampaian laporannya sangat antusias dengan hiasan pantung pembuka acara mengundang tepuk riang para peserta workshop.

"Hari ini merupakan hari pembukaan untuk seluruh rangkaian kegiatan dari Program SMK Pusat Keunggulan dan sekaligus menjadi hari pertama Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja", kata Andi Indah

Sementara, Kepala Sekolah SMK 4, Drs. Imanuddin Djaya, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para Kepala Cabang Pendidikan Wil II, Pengawas Bina SMK, Ketua Panitia dan Narasumber serta para seluruh peseeta.

"Alhamdulillah SMK Negeri 4 Gowa kembali ditunjuk sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan untuk tahun ketiga atau tahun terakhir berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 51/D/O/2024', ungkapnya.

Dikatakan Imanuddin, bahwa yang perlu bapak Ibu ketahui bahwa sekolah yang ditunjuk menjadi pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan harus melalui beberapa kali seleksi setiap tahunnya, harus mendapatkan penilaian dan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Perguruan Tinggi Pendamping yang ditunjuk langsung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta wajib melakukan pelaporan secara bertahap, mulai dari laporan 0%, 50%, dan 100% yang harus melalui tahap evaluasi yang cukup ketat setiap tahunnya.

Dan alhamdulillah, kemarin, tanggal 13 Mei 2024, laporan 0% SMK Negeri 4 Gowa untuk tahun 2024 telah diterima karena telah di evaluasi dan dinyatakan sesuai. Kami yakin dan percaya, usaha kami untuk meloloskan SMK Negeri 4 Gowa menjadi sekolah pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan setiap tahunnya tidak lepas dari doa dan dukungan Bapak Ibu sekalian, olehnya itu kami mengucapkan banyak terimakasih, bebernya.

Adapun urutan seluruh rangkaian kegiatan dari Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2024 adalah sebagai berikut;

1. Penyiapan Magang Siswa Luar Negeri (mulai bulan Mei 2024),

2. Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja (tanggal 14-15 Mei 2024),

3. Implementasi penguatan Kewirausahaan melalui mata pelajaran kejuruan dan IPAS (kelas X) (tanggal 4-5 Juni 2024),

4. Implementasi penguatan Kewirausahaan melalui mata pelajaran Projek Kreatif Kewirausahaan (PKK) (kelas XI dan XII) (tanggal 11-12 Juni 2024),

5. Pelaksanaan magang guru di dunia kerja (mulai bulan Juli 2024 selama 20 hari),

6. Peningkatan kompetensi guru dan tendik SMK selaras dengan dunia kerja (tanggal 4-5 Juli 2024),

7. Pelaksanaan praktisi dunia kerja mengajar di SMK (mulai tanggal 1 Agustus 2024, sebanyak 10 kali pertemuan),

8. Penguatan Kemitraan (tanggal 7 Agustus 2024),

9. Workshop Pembelajaran TEFA (tanggal 20-21 Agustus 2024),

10. Workshop Peningkatan Kapabiltas GTK (tanggal 4-5 September 2024),

11. Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah (tanggal 12 September 2024),

12. Workshop Penyusunan Program Literasi dan Numerasi (tanggal 19 September 2024),

13. Workshop Penguatan Literasi (tanggal 25 September 2024),

14. Workshop bersama komite sekolah dalam pengembangan kerja sama dengan dunia kerja (tanggal 8 Oktober 2024),

15. Workshop Penguatan Numerasi (10 Oktober 2024),

16. Pelaksanaan Pendampingan Pelaksanaan Kegiatan P5 Tema Kebekerjaan (tanggal 17 Oktober 2024),

17. Pembentukan dan Optimalisasi Komunitas Belajar (tanggal 25 Oktober 2024,

18. Workshop penguatan kelembagaan BKK (tanggal 5-8 November 2024),

19. Job Fair (tanggal 16 November 2024),

20. Sosialisasi Uji Kemahiran Bahasan Indonesia (tanggal 25 November 2024), 21. Peningkatan kapasitas Kepala Sekolah (untuk pelaksaannya menunggu panggilan BPPMPV KPTK terdekat).

Semenatara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Firdaus, S.Pd, M.Pd, MM dalam sambutannya berharap SMK 4 mampu mencetak anak anak yang siap kerja dan siap pakai.

"Apa yang anak anak mau kerja setelah tamat, sejatinya anak tersebut sudah siap kerja. Mereka sudah menguasai bidangnya', kata Firdaus.

Terutama yang mau magang di jepang. Saya harap anak anak SMK 4 ini tidak hanya siap dari skill dan pengetahuan tapi juga harus mempelajari dan memahami kultur jepang", pungkasnya. (asdar akbar)