Logo

Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 22 Agustus

Ilustrasi citra satelit prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia berlaku untuk Kamis (22/8/2024) (Foto: BMKG)

Jakarta -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia. Prakiraan cuaca ini berlaku untuk Kamis (22/8/2024).

Prakirawan BMKG Andika F Hapsari mengatakan, di pulau Sumatra, potensi udara kabur diprakirakan terjadi di kota Jambi. Selain itu, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Lampung.

Ia menyampaikan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Pekanbaru, Palembang, dan Tanjung Pinang. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Padang.

Selanjutnya, potensi petir diprakirakan terjadi di kota Banda Aceh. "Waspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Medan, Bengkulu dan Pangkal Pinang," kata Andika.

Beralih ke pulau Jawa. Cuaca di sejumlah kota dalam kondisi kondusif. Ia memprakirakan cuaca berawan terjadi di kota  Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kemudian, cuaca berawan tebal diprakirakan terjadi di kota Jakarta.
"Potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Serang, dan Bandung," ujarnya.

Selanjutnya, di pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Denpasar. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Mataram dan Kupang.

Sedangkan di pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Samarinda dan Banjarmasin.
"Waspadai potensi hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Palangkaraya, Pontianak dan Tanjung Selor," katanya.

Selanjutnya, untuk pulau Sulawesi, cuaca diprakirakan berawan tebal di kota Makassar. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Gorontalo.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Manado dan Kendari. "Waspadai potensi hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Mamuju dan Palu," ujarnya.

Berikutnya, di wilayah Indonesia Timur, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan di sejumlah kota, seperti, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Nabire.

"Waspadai potensi hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Ternate dan Merauke," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Andika juga menyampaikan potensi banjir rob di sejumlah daerah. Seperti di pesisir Sumatra Utara, pesisir Kepulauan Riau dan pesisir Sumatra Barat.

Kemudian, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Papua.