Logo

Pemkot Kendari Luncurkan Truk Sampah Tanpa Bau, Tepat di Hari Pahlawan

Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, melaunching truk sampah tanpa bau, tepat di Hari Pahlawan. Rabu (10/11/2021).

INFOSULAWESI.com, KENDARI -- Momen peringatan hari Pahlawan 10 November 2021, Pemerintah kota Kendari melaunching truk sampah tanpa bau yang disebut mobil convecktor sebagai bentuk terobosan baru penanganan sampah di kota kendari.

Mobil convecktor tersebut juga memiliki kapasitas jauh lebih besar dari mobil pengangkut sampah biasanya dan lebih efisien serta tidak menimbulkan bau.

“Pihaknya sengaja melaunching mobil tersebut dihari pahlawan agar seluruh petugas dan masyarakat kota kendari menganggap ini bagian dari perjuangan yang akan menghadirkan Kendari yang bersih, tertib dan rapi,” ungkap Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Rabu (10/11/2021). 

Sementara itu, kepala dinas lingkungan hidup dan kehutanan kota Kendari Nismawati mengatakan  kapasitas mobil convecktor itu bisa mencapai delapan kubik.

“Perbandingannya, satu mobil convecktor sama dengan muatan tiga truk sampah biasa,” kata Nismawati. 

Dijelaskan, mobil tersebut akan beroperasi selama 24 jam dengan dilengkapi GPS agar mudah dikontrol dan tidak difungsikan diluar tugasnya.

Nisnawati juga berharap dengan adanya tambahan mobil ini, masalah sampah di kota Kendari ini tuntas dan masyarakat kota kendari  bersama-sama dalam menjaga kebersihan agar menjadi kota kendari yang lebih layak huni sebagaimana yang dicita-citakan. (*)