Logo

Intensitas Curah Hujan Tinggi, Kapolres Sinjai Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Rachmat Sumekar, S.Ik., M.Si.

INFOSULAWESI.com, SINJAI -- Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Rachmat Sumekar, S.Ik., M.Si menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang mengingat tingginya curah hujan akhir-akhir ini di Wilayah Kabupaten Sinjai.

Kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sinjai agar senantiasa selalu waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Kami menghimbau pada seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, khususnya terhadap dampak yang dapat di timbulkan,” Ujar Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.Ik.,M.Si. Kamis (4/5/2023).

Peningkatan kewaspadaan, guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan materi cukup besar. Selama ini, wilayah Kabupaten Sinjai dipetakan sebagai daerah rawan banjir dan longsor karena memiliki aliran sungai, perbukitan dan pegunungan.

Apabila, curah hujan tinggi tentu berpeluang sejumlah sungai meluap dan menimbulkan banjir dan longsor. “Kami minta kerja sama, baik pemerintah maupun seluruh lapisan masyarakat untuk mengantisipasi serta bersiaga menghadapi bencana yang kapan pun bisa terjadi tersebut. ” katanya.

Kapolres Sinjai juga meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan meningkatnya curah hujan.

Musibah yang disebabkan alam sangat sulit di prediksi kapan terjadinya. Namun dengan kewaspadaan tinggi diharapkan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan. Ujarnya.

Untuk itu lebih lanjut, Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.Ik, M.Si pun menginstruksikan kepada seluruh Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

“Kami yakin dengan meningkatkan kewaspadaan itu, tentu dapat mengurangi resiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kuncinya.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News