Logo

Lapas Palopo Meriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan Khidmat

PALOPO - Lapas Palopo menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah dengan khidmat dan meriah di Aula Lapas Palopo pada Sabtu (30/9/23).

Kegiatan ini melibatkan petugas, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dan anak yatim.

Dengan tema "Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW Sebagai Landasan Meraih Prestasi," acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, lantunan sari tilawah, dan shalawat Nabi oleh WBP.

Acara ini dihadiri oleh pejabat struktural Lapas Palopo, Kepala KUA Kecamatan Temalebba, Polisi Santri Polres Palopo, Penyuluh Keagamaan Kemenag, Para Ibu Dharma Wanita Persatuan Lapas Palopo, dan anak asuh dari Panti Asuhan Uswatun Hasanah.

Selain peringatan Maulid, acara ini juga dirangkaikan dengan wisuda santri dari warga binaan Lapas Palopo, lomba menghias bunga malai, serta pengumuman pemenang Lomba Tadarrus Al-Quran, Kultum, dan Praktik Sholat yang diikuti oleh WBP.

Suherman, Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban yang mewakili Kepala Lapas Palopo, menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara petugas dan warga binaan Lapas Palopo. Dia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang pembelajaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Selama acara berlangsung, Ustaz Bahtiar Nawir memberikan tausiah tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia mengajak seluruh hadirin untuk membaca salawat, memahami sirah nabawi, dan mengamalkan warisan Rasulullah berupa Al-Qur'an dan salawat dalam kehidupan sehari-hari.

Ustaz Bahtiar juga mengajak WBP untuk memperbanyak kesabaran dan mohon ampunan kepada Allah. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan waktu di Lapas Palopo untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kesabaran.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Liberti Sitinjak, menyampaikan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dan mengajak semua untuk menjadikan peringatan ini sebagai motivasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. ***

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News