Logo

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Dorong Akuntabilitas Keuangan Lebih Baik

MAKASSAR - Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Indah Rahayuningsih, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Sulsel dan pengelola keuangan di UPT serta Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Ucapan terima kasih ini disampaikannya dalam konteks persiapan pembentukan Tim Akuntabilitas pada Satuan Kerja (Satker) Kanwil Kemenkumham Sulsel di Hotel Claro Makassar pada Selasa (03/10).

"Terima kasih kepada seluruh Satker di Sulsel yang telah bekerja keras dalam mengelola keuangan sehingga realisasi total dari 42 Satuan Kerja mencapai 68,43% (per 02 Oktober 2023)," kata Indah.

Meskipun capaiannya sudah baik, Indah mengingatkan kepada seluruh kepala UPT dan pengelola keuangan untuk tidak cepat puas.

Baca juga: Serah Terima Jabatan, Kalapas Makassar: Teguh Pamuji Resmi Pimpin Lapas Makassar

Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang menemukan beberapa temuan yang tidak memiliki bukti pertanggungjawaban pada sampel 10 Satker di Sulsel.

Untuk mengatasi masalah ini dan memastikan akuntabilitas dalam pertanggungjawaban keuangan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak akan membentuk Tim Akuntabilitas.

Tim ini akan memantau, mendampingi, dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan anggaran di Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Tim Akuntabilitas akan bertugas menyelaraskan capaian target realisasi anggaran dengan Akuntabilitas Pertanggungjawabannya, melakukan monitoring terkait tugas dan kewajiban pengelola keuangan, menyusun data dukung pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, dan mendorong percepatan pengelolaan keuangan untuk memenuhi target yang ditetapkan.

Indah berharap pembentukan Tim Akuntabilitas ini akan menciptakan laporan keuangan yang jelas dan transparan.

Hal ini diharapkan akan menghindarkan Kanwil Kemenkumham Sulsel dari teguran baik dari BPK RI maupun Unit Eselon I Kemenkumham.

Penguatan ini juga turut dihadiri oleh para pejabat administrator dan pengawas, seluruh Kepala UPT di Sulsel, dan anggota Tim Akuntabilitas Kanwil Kemenkumham Sulsel. ***

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News