Logo

Prabowo Subianto Terima Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4, Hari ini di Mabes TNI

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

JAKARTA -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan mendapatkan kenaikan pangkat jenderal kehormatan bintang empat pada Rabu (28/2/2024) pukul 09.00 WIB.

Pemberian kenaikan pangkat kehormatan itu akan diserahkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga sekaligus membuka rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

"Ya lihat saja nanti. Bapak Presiden hadir," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Kepastian akan kehadiran Presiden Jokowi juga disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Benar, besok Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI," katanya.

Pemberian tanda kehormatan kepada Prabowo Subianto tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Dahnil mengungkapkan, tanda kehormatan yang sama juga telah didapat Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, dan AM Hendropriyono.

"Pemberian jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan. Oleh sebab itu Pak Prabowo diputuskan Mabes TNI diusulkan kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh dan insyaallah besok Pak Prabowo menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat tersebut di Mabes TNI," pungkas Dahnil.