Logo

Disdagkop dan UKMP Luwu Timur Gelar Diklat Perkoperasian

LUWU TIMUR -- Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disdagkop-UKMP) Kabupaten Luwu Timur menggelar pendidikan dan latihan perkoperasian bagi anggota koperasi, bertempat di Hotel Sikumbang Tomoni, Rabu-Jumat, 6-8 Maret 2024

Kegiatan ini dibuka Kepala Disdagkop-UKMP Luwu Timur, diwakili Sekdis Bapak Andi Polejiwa Matandung, SP, M.Si. Hadir pula Sekcam Tomoni dan perwakilan Pokja II TP PKK Kab. Luwu Timur. Sebagai Fasilitator diklat adalah ibu Indrawati dari Dinas koperasi dan UKM Sulsel dan Bahrul ulum Ilham dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) Wilayah Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Sekdis Bapak Andi Polejiwa Matandung meminta koperasi untuk meningkatkan kemampuan inovasi atau penciptaan baru guna dapat bersaing dengan lembaga keuangan profesional lainnya dalam era persaingan terbuka saat ini. “Kita berharap peran koperasi di Luwu Timur sebagai pilar utama dalam ekonomi masyarakat dapat terwujud sepenuhnya,” harapnya.

Dalam laporannya, Kabid Koperasi Syahrul Basir mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, kapasitas dan Kompetensi SDM para pengelola koperasi serta peningkatan daya saing perekonomian daerah. “Kegiatan diikuti sebanyak 30 peserta yang merupakan perwakilan dari 15 koperasi se-Kabupaten Luwu Timur”, ujarnya.

Syahrul mengakui, tantangan koperasi saat ini semakin berat, dan pengurus koperasi perlu memiliki komitmen tinggi serta kemampuan merumuskan strategi untuk menghadapi perubahan ekonomi terkini. Karena itu pelatihan ini sangat penting dan peserta diharapkan untuk berpartisipasi aktif, berdiskusi, dan bertanya kepada pemateri, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas koperasi Luwu Timur.