Logo

Kemenhub: Jumlah Pemudik 2024 Naik 14,6 Persen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara daring, Minggu (17/3/2024). (Foto: Tangkapan Layar zoom meeting)

SELAMAT_MENUNAIKAN_IBADAH_PUASA_1445N_H2024_4

JAKARTA --  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi adanya peningkatan jumlah pemudik pada Lebaran 2024 hingga mencapai 14,6 persen. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, diperkirakan akan ada 28,4 juta masyarakat di Jabodetabek yang akan mudik Idulfitri 1445 Hijriah. 

“Berdasarkan hasil dari survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi, akan ada tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional. Khususnya pergerakan pada masa mudik-balik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah,” kata Menhub dalam konferensi pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara daring, Minggu (17/3/2024). 

Oleh karena itu, Menhub menginstruksikan, seluruh jajaran di kementeriannya untuk mengantisipasi sejumlah transportasi pada masa angkutan Lebaran 2024. Antisipasi tersebut dengan melakukan persiapan secara operasional dan kebijakan dalam pengendalian pengaturan serta transportasi. 

“Saya tegaskan hal ini perlu penananan secara komprehensif bersama instansi terkait. Mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Polri, Swasta, BUMN hingga BUMD,” ujar Menhub. 

Kemenhub, bersama Korlantas Polri, dan Kementerian PUPR telah merilis Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait pengaturan pembatasan opersional angkutan barang pada Lebaran 2024. Dalam hal ini, Kemenhub juga melakukan persiapan mulai dari rampcheck hingga pemeriksaan sarana dan prasarana seluruh transportasi. 

"Sosialasi juga dilakukan utamanya terkait kebijakan transportasi pada masa angkutan Lebaran 2024. Mengingat masyarakat perlu meningkatan kedisiplinan berlalulintas," ucap Menhub.