Logo

Presiden Resmikan Amanah Youth Creative Hub di Aceh

Presiden Joko Widodo memberikan pidatonya saat meresmikan Amanah Youth Creative Hub di Kabupaten Aceh Besar, Selasa (15/10/2024). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Amanah Youth Creative Hub di Kabupaten Aceh Besar, Selasa (15/10/2024). Dalam sambutannya, Kepala Negara mengatakan, saat ini dunia dihadapi dengan ketidakpastian, baik dari ketidakpastian ekonomi, geopolitik, hingga perubahan iklim.

"Karena ekonomi dunia sekarang hanya tumbuh tahun ini diperkirakan 2,6-2,7 persen, tahun depan 2,7-2,8 persen sangat rendah sekali. Banyak negara sudah masuk ke jurang resesi, negara-negara maju masuk ke jurang resesi," kata Presiden.

"Yang kedua, yang berkaitan dengan geopolitik, juga tidak jelas lagi. Perang Ukraina belum selesai, tambah lagi Israel dan Palestina, tambah lagi Israel dengan Libanon, tambah lagi Iran dengan Israel," ujarnya.

Terkait perubahan iklim, menurut Presiden, saat ini dampaknya sudah nyata. Menurutnya, dengan banyaknya tantangan tersebut, kompetisi dan persaingan antarnegara saat ini begitu ketat.

Untuk menghadapi hal tersebut, menurut Presiden kuncinya adalah bagaimana bisa menciptakan SDM yang unggul. Oleh karena itu, menurutnya, kehadiran Amanah Youth Creative Hub sangat penting.

"Dan hari ini saya betul-betul sangat kagum atas inovasi, atas kreativitas anak-anak muda di Aceh. Saya lihat sangat, yang sangat-sangat kreatif dan inovatif," ujarnya.

"Baik itu di urusan fashion, utamanya muslim fashion. Desain, desainnya betul-betul sangat berkelas, menurut saya sangat berkelas," katanya.