Logo

BPBD Provinsi Sulbar Pasang Papan Informasi Sulbar Rawan Tsunami

INFOSULAWESI.com, MAMUJU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat telah memasang papan informasi Tsunami di sepanjang Pantai Mamuju. Wilayah yang menjadi target pemasangan adalah Kabupaten Mamuju, Kabupaten, Majene, Polman, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu.

Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Barat Darno Majid, menjelaskan bahwa di sepanjang Pantai yang ada di Sulawesi Barat rawan Tsunami, untuk itu pihaknya memasang sejumlah papan informasi.

” kita belum ada anggaran untuk dilakukan pemasangan papan infomasi makanya saat ini kita pasang untuk di Mamuju dulu, dan makanya kita kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri untuk melakukan Evakuasi, karena kita di Sulawesi Barat teritama Mamuju belum ada jalur peringatan dini kepada masyarakat bila terjadi Bencana,”Kata Darno, Sabtu(07/08/21).

Kepala Pelaksana BPBD Sulbar juga menjelaskan, Pemasangan Papan Informasi merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bahaya Tsunami, dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui titik kumpul bila terjadi Bencana.

” Khusus di kota Mamuju titik kumpul masyarakat bila terjadi Tsunami yaitu di Stadion Manakarra serta di tempat ketinggian karena di Kota Mamuju merupakan daerah yang mamiliki banyak gunung, tetapi kita juga selalu menginformasikan kepada masyarakat mengenai jalur evakuasi sehingga mereka tidak berhamburan bila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan,”Tambah Darno.

Pemasangan rambu dan papan informasi ini sebagai implementasi dari Peraturan Kepala BNPB Nomor 7 Tahun 2015 tentang Rambu dan Papan Informasi Bencana di setiap Daerah.

” ini bukan berarti menakut nakuti masyarakat, tetap ini adalah progaram kebencanaan untuk peringatan dini Tsunami, dan kita memberikan peringatan ke masyarakat agar hati-hati berada di sepanjang Pantai karena kita tidak tau kapan bencana terjadi, jadi cukup kita berhati- hati,” Ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Barat, berpesan kepada seluruh masyarakat agar hati hati dan siap siaga dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi, serta selalu waspada. (kbrn)