Logo

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi Cek Bus Listrik Merah Putih Dukung G20

Usai melepas touring kendaraan listrik Jakarta-Bali, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi langsung melakukan pengecekan bus listrik merah putih yang digunakan selama Presidensi KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

INFOSULAWESI.com, BALI -- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengecek sarana transportasi bus listrik merah putih. Hal tersebut menjelang penyelenggaran Presidensi KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Budi Karya mengatakan, bus listrik merah putih digunakan sebagai angkutan pengumpan (shuttle) untuk melayani para delegasi dan peserta KTT G20. Dia ingin memastikan operasional bus listrik buatan dalam negeri tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Saya menjajal bus listrik karya anak bangsa. Hasil kolaborasi antara Kemenhub, Kemenristek Dikti, INKA dan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia," ungkapnya kepada media, Sabtu (12/11/2022).

Tingkat komponen dalam negeri bus listrik ini, lanjutnya, sudah lebih dari 50 persen. "Ini merupakan hasil perjuangan kita, dan menjadi kebanggaan kita di momen G20 ini,” ujarnya.

Budi Karya juga mengapresiasi para pihak yang telah mewujudkan harapan untuk menjadikan bus listrik. Mobil ini akan mendukung kelancaran mobilitas para delegasi dan peserta G20.

“Saya bangga dengan apa yang sudah dilakukan. Bahwa jika ada yang belum maksimal, kita harus belajar dan tingkatkan lagi," tuturnya.

"Karena Pak Presiden menyampaikan kita harus mencoba. Insya Allah upaya ini bisa memberikan makna yang baik bagi bangsa,” sambung Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, bus listrik yang digunakan pada event G20 ini nantinya akan terus dimanfaatkan. Yakni digunakan sebagai angkutan massal perkotaan di kota Bandung, Surabaya, dan juga Bali.

Itu menjadi bagian dari program 'buy the service' (BTS). Yakni mobil listrik dari Kemenhub, yang nantinya akan dioperasikan oleh DAMRI. (*)