Logo

Kalahkan Vietnam, Timnas Voli Putra SEA Games 2023 Indonesia ke Final

Sejumlah pevoli putra Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Timnas Voli putra Vietnam saat pertandingan semi final voli SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023). (Foto: ANTARA)

INFOSULAWESI.com, PHOM PHEN --  Timnas Voli Putra Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 usai menaklukkan Vietnam di babak semifinal. Pertandingan ini digelar di Olympic Indoor Stadium, Phonm Penh, Kamboja Minggu (7/5/2023) malam WIB.

Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 (30-28, 25-19 dan 25-18). Kemenangan ini sekaligus membawa Tim Merah-Putih mengamankan tiket ke partai final.

Pada laga semifinal ini, pelatih Jeff Jiang Jie menurunkan formasi ideal yakni Hendra Kurniawan, Doni Haryono, Fahri Septian, Rivan Nurmulki, Hernanda Zulfi dan Dio Zulfikri. Sementara libero kali ini mengandalkan Rakha.

Pertandingan berjalan ketat sejak awal set pertama, kedua tim sama-sama bermain apik sehingga kejar-kejaran angka terjadi. Namun, pada akhirnya Indonesia mampu mengamankan set pertama dengan skor 30-28.

Berbeda dengan set pertama, Tim Merah-Putih langsung tancap gas di set kedua. Mereka benar-benar tampil dominan dan kemudian menutup set kedua dengan kemenangan 25-19.

Pada awal set ketiga pertandingan kembali berjalan ketat meski Indonesia lebih sering memimpin poin. Alhasil, mereka mengunci kemenangan di set ketiga dengan skor 25-18.

Dengan lolos ke final ini, Timnas Voli Putra Indonesia berpeluang mencetak hattrick emas. Wakil Merah-putih sebelumnya mampu mendapat medali emas di SEA Games Filipina dan SEA Games Vietnam. 

Calon lawan mereka di final adalah Thailand dan tuan rumah Kamboja yang baru akan bermain setelah laga ini. Jika melihat hasil sebelumnya, Thailand lebih diunggulkan akan menjadi lawan Indonesia di partai puncak nanti.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News