Logo

Atasi Masalah Listrik, IKA PMDS Angkatan 1996 Sumbang Genset di Wilayah Terdampak Bencana Luwu

LUWU -- Listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar paling vital di tengah-tengah masyarakat. Saat kondisi normal, listrik dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Namun, persoalan akan timbul ketika terjadi bencana. Aliran listrik akan terganggu, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

PLN menjadi salah satu entitas paling vital untuk menyuplai aliran listrik dan mengamankan listrik kepada masyarakat agar tetap dinikmati. Namun, bencana alam bisa membuat segalanya menjadi tidak berjalan sesuai harapan. Karena bencana juga, aliran listrik mengalami gangguan.

Hal ini juga terjadi di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, pasca-terjadinya bencana alam banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu lalu. Akses aliran listrik terputus. Sejumlah tiang listrik penyangga rusak akibat bencana hidrometeorologi.

Kondisi ini menjadi tak mudah bagi masyarakat, utamanya masyarakat yang terdampak langsung dengan bencana tersebut. Melihat hal itu, Ikatan Alumni (IKA) Pesantren Modern Datuk Sulaiman (PMDS) Angkatan 1996 berinisiatif membantu masyarakat agar tetap bisa menikmati listrik.

Dalam rilis yang diterima media ini, IKA PMDS Kota Palopo ikut andil dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana di Luwu, khususnya di Latimojong. Menariknya, salah satu sumbangan IKA PMDS Angkatan 1996 ini adalah genset untuk warga di wilayah Latimojong.

Sejumlah genset ini nantinya akan disalurkan ke beberapa titik di wilayah kecamatan Latimojong yang dianggapp palig terdampak dari bencana ini. Penyaluran bantuan kemanusiaan ini dilakukan oleh para alumni IKA PMDS Angkatan 1996. Tentu dibantu oleh beberapa relawan kemanusiaan yang selama ini bertugas memperkuat penyaluran bantuan agar cepat dan tepat sasaran.

Diketahui, genset adalah perangkat kombinasi antara pembangkit listrik dengan mesin penggerak dalam satu set unit untuk menghasilkan tenaga listrik. Upaya ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, karena listrik menjadi vital saat kondisi tidak normal akibat adanya bencana alam.

Sekadar diketahui, Latimojong adalah salah satu kecamatan di kabupaten Luwu dengan dampak terparah dari peristiwa bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi belum lama ini di Luwu, yang menyebabkan banyak korban terdampak akibat bencana tersebut. Bantuan dari segenap elemen masyarakat adalah harapan untuk meringankan beban mereka. (LHr)