Logo

BPKP Evaluasi Progres Pengembangan Ketahanan Pangan di Sulsel

MAKASSAR -- Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel, Mohamad Risbiyantoro, menemui Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang, Selasa, 16 Juli 2024, di Kantor Gubernur. Pertemuan ini untuk membahas entry meeting mengenai pengembangan sekaligus evaluasi progres pengembangan ketahanan pangan yang ada di Sulsel.

Risbiyantoro mengatakan, Sulsel sebagai salah satu lumbung pangan nasional di Indonesia untuk fokus sebagai sentralnya. Ketahanan pangan melibatkan lintas sektoral, lintas OPD, dan lintas unit. Diantaranya, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pertanian.

"Sebenarnya evaluasi ini dilakukan BPKP Pusat, tapi karena ada perwakilan disini, maka kami diminta untuk melaksanakan," kata Risbiyantoro.

Plh Sekprov Andi Darmawan Bintang, mengatakan, posisi Sulsel sebagai lumbung pangan sangat strategis. Apalagi, Sulsel juga menyuplai kebutuhan pangan untuk provinsi lain di Indonesia.

"Tentunya pasti ada masukan-masukan bagi kita untuk bagaimana lebih memperbaiki, meningkatkan ketahanan pangan," kata Darmawan Bintang.

Hasil evaluasi BPKP, kata Darmawan Bintang, akan menjadi bahan masukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, yang tentunya akan disampaikan kepada Pj Gubernur Sulsel hingga ke tingkat pusat.

"Kita berharap status Sulsel sebagai lumbung pangan bisa kita pertahankan," pungkasnya. (*)