Logo

Pj Walikota Palopo Hadiri Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2024

PALOPO -- Pj.Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH.,M.Si.,Menghadiri Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sulsel dilaksanakan hari ini, Selasa, 23 Juli 2024 yang bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional. Yang bertempat di Kantor lurah pontap. 

PIN Polio 2024 akan dilaksanakan dua putaran, dengan sasaran 1,2 juta anak. Putaran kedua akan dilakukan pada 6 Agustus 2024 mendatang.

Kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan nomor : 400.7.15/516/Dinkes 2 juli 2024 tentang pelaksanaan pekan imunisasi nasional dalam rangka penanggulangan KLB polio tahun 2024.

Laporan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo Irsan Anugrah S.KM.,MM Mengatakan akhir-akhir ini ada Kejadian Luar Biasa (KLB),dimana sejak tahun 2022 - 2024, kasus polio ditemukan di Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan. Hingga saat ini, status KLB tersebut belum dicabut dan masih dalam tahap pelaporan.

Ini adalah upaya responsif dan strategis agar vaksin Polio dilakukan secara massif dengan cakupan tinggi dan merata.
Pelaksanaan PIN Polio tahap 2 dilakukan sebanyak 2 putaran.Putaran pertama di mulai tanggal 23 hingga 29 Juli 2024, dan putaran kedua 6 hingga 12 Agustus 2024.

Dan target yang diberikan 95%.usia 0-7 tahun mendapatkan tetes manis sebanyak 2 tetes.
Dan akan dilaksanakan di sembilan kecamatan dan 48 kelurahan dan sebanyak 100 posyandu.

Kemudian kegiatan pin polio akan di laksanakan juga di sekolah-sekolah dasar,PAUD dan taman kanak-kanak.
Jumlah sasaran Pin Polio di kota palopo sebanyak 29 ribu jiwa.Ujarnya

Selanjutnya sambutan Pj.Wali Kota Palopo Mengatakan Polio itu dampaknya sangat berbahaya bisa membahayakan pernafasan anak-anak kita Dan menjadikan lumpuh Bahkan kematian.agar kiranya semua dapat diperhatikan serta divaksin.

Dan berharap dikota Palopo ini tidak terdapat penderita polio,Karena di Palopo ini merupakan pilot project dari provinsi.Dan berharap agar kegiatan ini dimaksimalkan dengan baik dan melakukan koordinasi dengan Pj wali kota. ujarnya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penetasan polio secara simbolis kepada sasaran 0-7 tahun.
Serta penyerahan bingkisan bagi para anak stunting.dalam rangka HUT PLN oleh manejer PLN Kota Palopo.

Sementara itu melalui virtual Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ishaq Iskandar mengatakan, pelaksanaan PIN Polio dilaksanakan secara serentak di 24 kabupaten kota mulai hari ini, dengan target cakupan 100 persen. Upaya ini untuk melindungi anak-anak dari penyakit yang dapat dicegah.

"Polio menyebabkan kelumpuhan permanen, sehingga harus menjadi perhatian bersama. Sasaran kita adalah anak-anak usia hingga 8 tahun," kata Ishaq Iskandar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala dinas kesehatan,Ketua TP PKK kota Palopo,manejer PLN,lurah pontap,camat wara timur, kepala puskesmas pontap