Logo

UPT PLUT Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Latih Manajerial 100 Orang Pelaku UMKM

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan menggelar pelatihan manajerial bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), Senin-Selasa, 7-8 Agustus 2023 bertempat di W Three Hotel Makassar, Jalan Andi Djemma. Kegiatan pelatihan Angkatan 1 dan 2 ini diikuti 100 orang peserta UMKM yang berasal dari kota Makassar dan sekitarnya.

Pembukaan pelatihan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si didampingi Kepala UPT PLUT, Samsibar, SE, MM dan koordinator konsultan, Bahrul ulum Ilham, SPd, MM. Dalam sambutannya, Kadiskop UKM Sulsel yang akrab disapa Karang Jaja mengungkapkan peran UMKM di Sulsel yang terus tumbuh dan berkembang dan berkontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Berdasarkan data BPS, jumlah UMKM Sulsel mencapai sekitar 1,5 juta. Dari jumlah ini, belum semuanya terdaftar secara formal atau belum memiliki legalitas atau sertifikat usaha seperti Nomor induk berusaha (NIB) dan perizinan lainnya seperti sertifikat halal, PIRT, SNI dan lainnya. Inilah yang Dinas bersama konsultan PLUT usahakan dulu,” imbuh Kadiskop UKM Sulsel.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Samsibar mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Dikatakannya, UMKM binaan PLUT masih dihadapkan pada berbagai kendala dalam menjalankan usaha seperti manajemen usaha, strategi bersaing, distribusi barang yang efisien, penguasaan teknologi, dan lain sebagainya. “Kami mengadakan pelatihan ini dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan manajerial para pelaku UMKM,” tandasnya.

Koordinator konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham menambahkan, sejumlah materi diberikan kepada peserta, antara lain manajemen keuangan, manajemen pemasaran, strategi branding, legalitas dan perizinan serta menjalin kemitraan. Melalui pelatihan, kami memberikan motivasi serta meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka, serta memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan peserta strategi dalam mengembangkan usaha, tambahnya.

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News