Logo

Wilayah Terima Kloter I, PPIH Embarkasi Makassar Layani Jemaah One Stop Service

MAKASSAR -- Sebanyak 450 orang jemaah haji Kloter I embarkasi makassar diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, sabtu (11/5/2024) pukul 14.00 Wita di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Menurut ketua PPIH Embarkasi Makassar, Muh Tonang bahwa tahun ini penyelenggaraan ibadah haji masih mengusung tema ramah lansia, sehingga di aula  proses penerimaan dilakukan dengan system one stop service atau pelayanan terintegrasi dalam satu ruangan.

"tahun ini kita lakukan inovasi layanan, semua layanan kita selesaikan di aula penerimaan, dimulai dengan penyerahan lembar akomodasi, gelang identitas, penyerahan living cost, penyerahan paspor, pengaturan sit kursi pesawat, dan pemeriksaan kesehatan", ujarnya.

Dengan sistem one stop service ini, bisa memangkas waktu karena tidak lagi meninggalkan aula penerimaan.

"jadi setelah semua proses administrasi dan kesehatan selesai, maka jemaah langsung diantar ke wisma masing masing dengan menggunakan bus selawat yang telah disiapakan oleh UPT Asrama Haji Sudiang", jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Haji dan Umrah, Ikbal Ismail menyampaikan bahwa, jemaah kloter I akan diberangkatkan tanggal 12 mei 2024 pukul 16.30 Wita, sedangkan untuk kloter 2 asal daerah Makassar, Selayar dan Sidrap, diterima tanggal 12 mei pukul 20.00 Wita, dan akan diberangkatkan tanggal 12 mei pukul 23.50 Wita.

Ikbal ismail menyampaikan bahwa pelayanan jemaah di embarkasi makassar, khususnya jemaah lansia kita prioritaskan.

"Jemaah lansia itu ada dua kategori, jemaah lansia yang masih bisa berjalan dan masih sehat kita sebut jemaah mandiri, dan jemaah yang tidak bisa lagi berjalan disebut jemaah yang tidak mandiri, nah jemaah haji tidak mandiri inilah yang kita prioritaskan dalam pelayanan". Jelasnya.