Logo

Asisten II Pemkot Palopo, Ilham Hamid Hadiri Pelaksanaan Advokasi Lintas Sektor Program Prioritas Nasional

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Ilham Hamid SE.,M.Si.

PALOPO - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Ilham Hamid SE.,M.Si.,Mewakili Pj.Wali kota Palopo Menghadiri Rangkaian Pelaksanaan Advokasi lintas sektor program prioritas nasional keamanan pangan. Yang dilaksanakan di Ruang Ratona Kantor Wali Kota Palopo,Senin 13 Mei 2024

Laporan Kepala BPOM Palopo Burham Sidobejo, SH.,MH Mengatakan Kegiatan Program ini merupakan program awal yang dikerjakan di Palopo.Program Nasional Keamanan Pangan ada tiga kegiatan yang pertama Desa pangan aman atau di kota Palopo ini kelurahan aman pangan,kemudian pasar pangan berbasis komunitas, serta pangan jajanan anak sekolah yang aman. Dan Kami akan bekerjasama dengan beberapa organisasi perangkat daerah (Opd) terkait. Untuk melaksanakan kegiatan ini disepanjang tahun 2024.

Adapun tujuannya yaitu untuk memberikan pengetahuan yang memadai kepada komunitas-komunitas dikelurahan,komunitas di pasar, dan kepada komunitas yang ada di sekolah. Terkait dengan keamanan pangan. Karena ini sangat penting karena penyakit yang banyak di derita oleh manusia itu bersumber dari makanannya.

Serta harapannya kepada komunitas yang nanti kami intervensi memiliki kesadaran terhadap keamanan pangan dari sumber makanannya, kemudian cara mengolahnya, cara menyajikannya,sehingga dengan begitu kami dapat membantu pemerintah terkait dengan program stunting,pementasan stunting dan kami juga berperan serta di dalamnya.

Kemudian juga menyediakan generasi karena ada sekolah yang kami intervensi pangan jajanan aman anak sekolah,sehingga kami juga membantu untuk menyiapkan keamanan pangan sehingga generasi berikutnya menjadi lebih cerdas dan produktif di wilayah kerja kami khususnya di Kota Palopo.Ujarnya

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Ilham Hamid SE.,M.Si.,dalam sambutannya mewakili Pj Wali Kota Palopo menyampaikan Apresiasi Inisiasi BPOM melaksanakan kegiatan yang penting ini.

Pelaksanaan Keamanan pangan bukan saja memastikan ketersediaan stok bahan pangan melainkan juga mampu menyakinkan masyarakat bahwa pangan yang kita konsumsi benar-benar higienis, bermutu, dan sehat.

Perkuat edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang perlunya keamanaan pangan.hal itu perlu di upayakan karena kelalaian terhadap pangan akan turut mempengaruhi produktivitas dan bahkan kemajuan daerah.

Pemerintah Kota Palopo akan tetap menjaga komitmen dan konsistensi dalam menyukseskan program prioritas nasional ini.berdasarkan tugas peran dan tanggung jawabnya.

Dan akan melakukan evaluasi secara berkala terkait pelaksanaan tahapan gerakan keamanan pangan di daerah ini untuk memastikan semuanya berjalan sesuai koridornya.

Kepada jajaran BPOM Palopo,saya harapkan agar segera menentukan locus intervensi program prioritas sehingga kita akan mudah melakukan pemetaan terkait permasalahan dan ancaman keamanan pangan di Kota Palopo.

Sebagai daerah yang berhasil melakukan intervensi terhadap program penanganan stunting saya berharap agar setelah kegiatan advokasi ini dilaksanakan kita semua segera bergerak mewujudkan program prioritas
Sehingga kita akan mudah melakukan pemetaan terkait permasalahan dan ancaman keamanan pangan di Kota Palopo.

Dan saya mengajak kita semua semoga upaya kita menjaga keamanan pangan akan menghasilkan banyak warga yang merasa terayomi dengan hadirnya program ini, ujarnya.

Adapun kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen oleh kelurahan, pasar, dan sekolah yang akan mendapatkan intervensi keamanan pangan balai POM Kota palopo tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPOM Palopo,Kepala Opd terkait,serta tamu undangan yang hadir