Logo

Gemilang di POROS INTIM 2024, IAIN Parepare Bawa Pulang 11 Emas dan Juara Umum

INFOSULAWESI.com -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengukir sejarah dengan meraih gelar juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga, Riset, dan Ornamen Seni (POROS INTIM) se-Indonesia Timur ke-3 tahun 2024 yang berlangsung di UIN Mataram dari tanggal 5 – 8 Juli. Kontingen IAIN Parepare sukses mendominasi berbagai olahraga dan seni yang dipertandingkan dan mengungguli kontingen dari 13 PTKIN se- Indonesia Timur (Intim) yang mengikuti perhelatan ini.

IAIN Parepare berhasil merebut 11 medali emas, 2 medali perak dan 6 medali perunggu dan memuncaki perolehan medali sebagai juara umum. Tuan rumah, UIN Mataram berada pada peringkat kedua dan diikuti UIN Alauddin Makassar pada peringkat ketiga. Capaian ini adalah sejarah baru dan capaian tertinggi IAIN Parepare pada perhelatan POROS INTIM yang telah digelar ketiga kalinya.

Prestasi ini menjadi bukti nyata dari pembinaan bakat, minat dan potensi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun bidang olahraga dan seni dalam dua tahun kepemimpinan Prof. Dr. Hannani, M.Ag., Rektor IAIN Parepare. Terjadi akselerasi yang cukup signifikan terhadap pembinaan dan pengembangan mahasiswa.

Indikatornya dapat dilihat dari capaian mahasiswa IAIN Parepare pada perhelatan POROS INTIM yang menunjukkan keunggulannya di berbagai cabang lomba, seperti olahraga Bulu Tangkis, Tennis Meja, Catur, Pop Solo, Debat Konstitusi, Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Karya Tulis Ilmiah (KTI) Hadis, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Alquran, Pidato, dan Kaligrafi Naskah.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag., yang dimintai keterangan mengungkapkan  apresiasi dan bangganya atas capaian delegasi IAIN Parepare pada perhelatan POROS INTIM tersebut. “Kemenangan yang diaraih ini adalah berkat kerja keras, semangat juang, dan dedikasi yang ditunjukkan seluruh tim. Selaku Rektor, kami bersyukur dan bangga serta berharap prestasi ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan mahasiswa kita di masa datang,” ujarnya.

Sementara Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Muh. Ali Rusdi, M.H.I., yang memimpin dan mendampingi langsung delegasi IAIN Parepare  menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan semua pihak atas kesuksesan yang diraih timnya. “Terima kasih kami sampaikan kepada para dosen, pegawai, mahasiswa, pelatih, pembina dan semua pihak yang terlibat atas dukungan diberikan, khususnya Rektor atas kepercayaan yang diberikan,” ungkapnya saat dihubungi. (*)