Logo

SIDAK LUTRA untuk Tata Kelola Keolahragaan dan Perencanaan Prestasi Atlet di Luwu Utara

Luwu Utara -- Belum adanya perencanaan prestasi atlet serta belum sempurnanya tata kelola keolahragaan, membuat Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Luwu Utara merancang sebuah aksi perubahan yang dapat mengatasi persoalan tersebut.

Salah satu aksi perubahan yang akan dilakukan oleh Disporapar Lutra adalah dengan menyiapkan aplikasi informatif berbasis web yang akan menghimpun seluruh data atlet yang ada di kabupaten Luwu Utara, yaitu Sistem Informasi Data Atlet Kabupaten Luwu Utara alias SIDAK LUTRA.

Aksi perubahan ini dirancang Sekretaris Disporapar, Abdul Hamid, yang saat ini tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I tahun 2024. “Salah satu kendala kami adalah belum adanya database atlet yang dapat diakses oleh publik, baik dalam bentuk manual maupun digital atau aplikasi,” kata Hamid, Minggu (15/4/2024), di Masamba.

Hamid mengatakan, penyediaan database atlet dalam bentuk aplikasi ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 pasal 86 (1) dan pasal 87 (1) tentang Keolahragaan. “Saat ini, publik mengalami keterbatasan mendapatkan informasi olahraga. Nah, dengan inovasi ini akan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap informasi olahraga yang akurat,” harapnya.

Igho, begitu Abdul Hamid biasa disapa, menyebutkan tujuan dari aksi perubahan yang ia gagas ini adalah untuk mewujudkan peningkatan kinerja pelayanan keolahragaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, khususnya pengelolaan informasi publik untuk meningkatkan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabel.

“Aksi perubahan ini memiliki tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk tujuan jangka pendek, kita berharap tersedianya data dalam perencanaan prestasi atlet. Sementara jangka menengahnya, kita berharap terbentuk database atlet. Pun tujuan jangka panjangnya, kita berharap akan terwujud peningkatan prestasi atlet yang berkesinambungan,” jelas Igho.

Igho berharap, inovasi SIDAK LUTRA ini akan bermanfaat, tidak hanya bagi pemda, dalam hal ini Disporapar, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Luwu Utara sebagai penerima layanan informasi. “Pengelolaan data yang optimal ini untuk memastikan bahwa data yang tersedia ini berguna, akurat, aman, dan dapat diakses dengan mudah,” harap mantan Kabid Humas ini.

“Semoga dengan adanya inovasi ini, akan memudahkan masyarakat kita dalam dalam mengakses data dan informasi atlet olahraga yang berbasis website, sekaligus ini adalah upaya kita untuk membenahi layanan dan tata kelola keolahragaan di Luwu Utara,” pungkasnya. (LHr)