Logo

Abdul Malik Faisal Raih Gelar Doktor Sosiologi dari Universitas Hasanuddin

MAKASSAR -- Plt. Kepala Dinas Sosial Sulawesi Selatan, Abd. Malik Faisal, berhasil meraih gelar Doktor Sosiologi setelah mempresentasikan disertasinya dalam sidang terbuka di Aula Prof. Syukur Abdullah, Fisip UNHAS, pada Senin, 15 Juli 2024.

Promosi doktor ini dihadiri oleh promotor, ko-promotor, dan para penguji yang memberikan penilaian "Sangat Memuaskan" atas presentasi dan hasil penelitiannya.

Sebagai promotor adalah Prof. Dr. HM. Tahir Kasnawi S, Co. Promotor Prof. Dr. Rabina Yunus M.Si, Co. Promotor Prof. Dr. Hasbi Marissangan M.Si., Ph.D. Adapun penguji Prof. Dr. Suparman Abdullah M.Si, Dr. Mansyur Radjab M.Si, Dr. Rahmat Muhammad, M.Sis serta penguji eksternal, Dr. Andi Taufik M.Si
Disertasi yang berjudul “Pengembangan Program Pemberdayaan Masyarakat Terpadu: Kasus Program Indonesia Juara pada Tiga Lokasi Piloting di Sulawesi” ini mengkaji pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Desa Ara, Kabupaten Bulukumba, Desa Cabbeng, Kabupaten Bone, dan Kelurahan Rappokalling, Kota Makassar.

Program Indonesia Juara bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kapasitas masyarakat melalui berbagai klinik seperti bisnis, parenting, remaja, dan literasi.

Penelitian menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari wawancara dengan 40 fasilitator, sementara pendekatan kualitatif menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesadaran kritis dan partisipasi merupakan indikator keberhasilan tertinggi dengan nilai 3,29, diikuti oleh kesejahteraan (3,28), akses (3,24), modal manusia dan fisik (3,22), serta modal sosial (3,21).

Secara kualitatif, program ini berbasis pada pembangunan berpusat pada manusia dengan aspek-aspek seperti capacity, equity, empowerment, sustainability, dan interdependence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Indonesia Juara telah berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat pada ketiga lokasi piloting.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam sidang promosi, antara lain Bupati Gowa, Kepala Dinas Sosial Kab/Kota Se Sulsel, Kadis Kalautan dan Perikanan Sulsel, Kadis Perindag.