Logo

Pj Walikota Palopo Hadiri Wisuda Sarjana Universitas Mega Buana Palopo Angkatan XV Periode II 2024

PALOPO - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH.,M.Si., Menghadiri Wisuda Universitas Mega Buana Palopo Angkatan XV, Periode II tahun 2024 Kegiatan wisuda tersebut bertempat di Saodenrae Convention Centre (SCC) Kota Palopo,Jumat (26/07/2024)

Sebanyak 525 lulusan wisudawan pada periode ini dari total keseluruhan lulusan sebanyak 2.719 yang akan di wisuda tahun ini.

Rektor Universitas Mega Buana, Palopo Prof. Dr Hj Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah dikukuhkan.

Alhamdulillah,pertama yang terpanjang, dimana wisuda digelar dalam 5 periode khusus untuk tahun 2024,".

Nilawati mengungkapkan 88 persen alumni Universitas Mega Buana Palopo saat ini telah bekerja. Baik sebagai ASN, P3K, Karyawan Swasta dan sebagai wirausaha.

Hal itu disampaikan dalam laporan akademiknya yang dibacakan pada Wisuda Angkatan XV, Periode Kedua, Universitas Mega Buana Palopo

Rincian alumni UMB palopo ini, sebanyak 35 persen, berstatus sebagai karyawan, 32,5 persen berstatus sebagai ASN, 10,3 persen bertatus sebagai Wirausaha, P3K, dan bekerja di kementerian. "Selebihnya 12,2 persen sementara dalam proses mencari pekerjaan.

Beliau menambahkan bahwa UMB Palopo senantiasa membantu para alumni agar lebih cepat terserap dalam dunia kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri melalui Lembaga kemitraan UMB Palopo.

"Universitas Mega Buana Palopo selalu siap memfasilitasi alumni untuk bekerja keluar negeri, dari alumni yang diwisuda kali ini 10 orang telah menyatakan siap bekerja di jepang, 6 orang siap ke singapura, 8 orang siap ke arab Saudi dan 1 orang siap ke Qatar, kami harapkan semoga yang lain bisa menyusul,".

Untuk diketahui, alumni UMB Palopo saat ini ada yang bekerja di jepang,Taiwan dan arab Saudi. Rektor Umb pun menjelaskan alasan alumni UMB Palopo lebih mudah terserap dalam dunia kerja di luar negeri, sebab dari segi Bahasa Kurikulum yang ada di UMB Palopo sejak 2009 terdapat kurikulum Bahasa asing,tidak hanya Bahasa inggris saja tapi juga bahasa jepang dan saat ini kami tengah mempersiapkan untuk Bahasa cina dan Bahasa arab untuk memudahkan alumni bisa bekerja di luar negeri.
Dan untuk wisudawan Fakultas Bisnis dimana momen wisuda ini merupakan angkatan pertama, seluruhnya telah memiliki usaha.

Semoga lulusan UMB Palopo ini bisa beradaptasi ditengah tengah masyarakat dengan ilmu yang didapatkan selama menempuh Pendidikan di UMB Palopo.ujarnya

Selanjutnya sambutan Pj. Walikota Palopo, Asrul Sani, SH, M.i Sangat mengapresiasi Universitas Mega Buana Palopo atas kontribusinya dalam pengembangan Pendidikan dan ekonomi di kota jasa ini. Disamping itu UMB Palopo memiliki banyak prestasi.

"Saya menyampaikan selamat dan apresiasi kepada UMB palopo dengan segala prestasinya, UMB Palopo saat ini mendukung bagaimana penyelenggaraan pemerintahan di kota palopo. Terus tingkatkan prestasinya, mulai dari sarana dan tenaga pendidiknya,"

Kontribusnya UMB Palopo terhadap perkembangan kota palopo, adalah penyelenggaraan wisuda yang akan dilakukan sebanyak 5 kali di tahun ini dengan wisudawan sebanyak 2.197 lulusan.

Tentu ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi disini. Betapa tidak, hotel hotel akan penuh, pedagang pun tumbuh, UMKM bertumbuh, itulah kenapa UMB Palopo disebutkan mendukung Pemkot Palopo dalam meningkatkan PAD nya.

Pj Walikota dalam penyampaiannya menarik UMB Palopo untuk berkolaborasi. Utamanya bagaimana mendorong kewirausahaan di kota jasa ini. Selain itu upaya pencegahan stunting, penurunan angka pengguna narkoba, angka HIV /Aids masih tinggi, karena penanganan ini menurutnya adalah kerja-kerja kolaboratif,

"saya berharap kepada Bu Rektor, mari kita berkolaborasi,karena tertarik dengan Prodi Kewirausahaan ini, Palopo ini kota jasa jadi harus kita tolong".

Pj. Wali kota berharap agar seluruh Universitas turut dalam membantu mengatasi persoalan-persoalan yang ada.ujarnya

Turut hadir Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Ketua Yayasan Mega Buana,Kepala dinas kesehatan kota palopo,serta tamu undangan